Objek Wisata Kaliurang sangat Pas untuk Rekreasi Keluarga

Yogyakarta - Objek wisata Kaliurang yang merupakan kawasan wisata alam di kaki Gunung Merapi bagian selatan, sampai kini masih menjadi tempat tujuan rekreasi keluarga.

Objek wisata yang berjarak 28 km arah utara pusat Kota Yogyakarta, atau tepatnya di Dusun Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, kini setiap hari libur mulai ramai kembali dikunjungi wisatawan domestic, baik secara rombongan maupun keluarga.

"Tahun ini, tiap hari libur atau minggu objek wisata Kaliurang mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di sekitar Yogyakarta, seperti Semarang, Surabaya, Purwokerto, Bandung," kata Ketua Asosiasi Perhotelan Kaliurang (Aspek) Yogyakarta, Minggu (10/2).

Menurut Ketua Forum Return to Kaliurang itu, setelah kunjungan wisata terpuruk akibat peristiwa erupsi Gunung Merapi dan gempa tektonik 2006, pada 2008 ini diharapkan objek wisata ini bisa lebih ramai kembali oleh kunjungan wisatawan.

"Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang diharapkan berdampak pada tingkat hunian sekitar 250 hotel bintang, melati maupun pondok wisata yang ada di kawasan wisata itu," kata Awuy.

Fasilitas objek wisata Kaliurang antara lain taman rekreasi seluas 10.000 meter persegi yang dilengkapi taman bermain anak-anak, kolam renang mini, dan arena bermain car mini.

Selain itu, di kawasan itu tersedia Gardu Pandang untuk melihat puncak Gunung Merapi, Tempat pertemuan terbuka, Bumi Perkemahan, Tempat bermain, Kolam renang, serta penginapan.

Sekitar 300 meter arah timur laut dari taman rekreasi terdapat Taman Wisata Bukit Plawangan - Turgo. Di kawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan.

Untuk menikmati pemandangan obyek wisata Kaliurang, para pengunjung bisa berkeliling menggunakan kereta mini yang dikenal dengan istilah kereta "kelinci" dengan rute mengelilingi kawasan wisata itu dari timur ke barat.

kereta mini itu melewati pula gardu pandang yang terletak di pinggir Kali Boyong atau di sebelah barat kawasan wisata ini. Dari gardu itu, pengunjung bisa melihat dengan jelas puncak Merapi pada saat cuaca cerah.

Objek wisata Kaliurang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum dari arah Kota Yogyakarta.

Sumber: www.mediaindonesia.com (14 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts