Sudah Disusun, Jalur Wisata di Empat Daerah

Pekanbaru - Mempermudah penyelenggaraan perjalanan wisata kunjungan wisatawan ke Riau, Dinas Kebudayaan, Kesenian dan Pariwisata (Disbudsenipar) Provinsi Riau menyusun jalur wisata Riau di empat daerah kabupaten/kota di Riau. Empat daerah dimaksud mencakup Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kampar dan Kuantan Singingi.

Penyusunan jalur wisata empat daerah ini merupakan program tahap pertama yang dilakukan Disbudsenipar Riau bekerja sama dengan tim penyusun dan peneliti dari kalangan akademisi, travel wisata, lembaga swadaya masyarakat dan pers. Program dianggarkan dan dikerjakan pada 2007 lalu. Sedangkan ekspos kegiatan dilakukan di Kantor Disbudsenipar Riau. Eskpos dihadiri perwakilan travel wisata, perhimpunan penyelenggara wisata, mahasiswa akademi pariwisata dari sejumlah perguruan tinggi dan lainnya.

“Ini merupakan penyusunan jalur tahap awal. Nanti akan dilanjutkan pada tahap berikutnya di daerah lain,” sebut Kepala Disbudsenipar Riau, Joni Irwan.

Dipaparkan pula, dari empat daerah yang ditata jalur perjalanan wisatanya, tersedia sejumlah objek yang cukup menarik untuk dikemas dan dijual kepada wisatawan. Di Pekanbaru misalnya, objek yang bisa dijual di antaranya Masjid Raya dan Makam Marhum Pekan, Balai Adat Melayu Riau, Masjid Agung Annur, Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya, Tugu Pahlawan Kerja, Bandar Serai, Taman Rekreasi Alam Mayang dan sejumlah mal, pusat kerajinan dan lainnya.

Di Kabupaten Kampar terdapat objek wisata yang bisa dikunjungi di antaranya Masjid Jamik, Wisata Candi Muara Takus, Rumah Lontiok, Makam Syeikh Burhanuddin, Museum Kandil Kemilau Emas, Taman Rekreasi Stanum, Desa Wisata Belimbing, Desa Buluh Cina, Tugu Equator, air terjun dan jeram alahan, Kebun Binatang Kasang Kulim dan lainnya.

Di Siak selain Istana Sultan Siak, ada lagi Masjid Kerajaan, Balai Kerapatan Tinggi, Makam Koto Tinggi, Makam Sultan Syarif Kasim II, Kapal Kato, Monumen Pipa Angguk Minas, Rumah Kotler, Tangsi Belanda, Danau Zamrud, Hutan Wisata Sultan Syrif Kasim, Danau Naga Sakti dan lainnya.

Sementara di Kuantan Singingi terdapat Air Terjun Guruh Gemurai, Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Panorama Bukit Cokiok, Danau Kubu Nopi, Danau Masjid Koto Kari, kolam pemandian air panas Desa Seberang Sungai Pinang, Danau Rawang Udang, Pacu Jalur dan lainnya.

Untuk jalur perjalanan wisata, bisa ditawarkan dalam paket 4 hari 3 malam, 3 hari 2 malam dan lainnya untuk paket tour cultural/shopping tour dan lainnya. Paket tersedia untuk perjalanan di masing-masing daerah.

“Kita berharap dengan penyusunan jalur perjalanan ini nantinya bisa jadi pedoman bagi travel agency dalam memberikan paket kunjungan wisata kepada wisatawan, terutama manca-negara,” harap Joni.

Sumber: www.riaupos.com (18 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts