Wisata Bunga Kota Tomohon

Manado - Tomohon hanyalah sebuah kecamatan kecil di Minahasa. Namun jangan menyepelekan keberadaan kota dengan ketinggian kira-kira 700 hingga 800 di atas permukaan laut ini. Letaknya yang diapit tiga gunung Lokon, Mahawu, dan Masarang menjadikan wilayah ini daerah wisata yang menarik, apalagi dengan hawanya yang sejuk.

Sebagian masyarakat Tomohon adalah sebagai petani bunga. Para penjual bunga berderet sepanjang jalan di sekitar Pasar Tomohon atau yang dikenal sebagai kampung bunga. Lebih menarik lagi, setiap akhir Juni hingga awal Juli diselenggarakan festival bunga. Pada saat ini banyak pelancong dari luar negeri yang menyaksikan acara ini.

Melancong ke Tomohon tanpa menikmati Gunung Mahawu terasa tak komplit. Gunung ini menyajikan panorama yang luar biasa. Objek wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum kurang lebih 25 kilometer dari Kota Manado. Banyak pelancong datang ke sini untuk camping, merasakan sejuknya udara pegunungan.

Tempat yang tak kalah asyik untuk bersantai adalah Danau Linou. Warna air danau ini selalu berubah-ubah tergantung pada cahaya dan prespektif pandangan kadang berwarna hijau, biru dan bening. Tak jauh dari Danau Linou terdapat sumber mata air panas. Namun air panas sedikit yang keluar saat musim kemarau.

Dapat juga mengunjungi situs rumah-rumah kayu tradisional yang dibangun untuk dijual, tepatnya di Desa Woloan. Rumah-rumah sistem knock down ini dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipasang bongkar dan dibangun lagi.

Sumber: Liputan6.com (20 Oktober 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts