Hamburg Gelar Promosi dan Demo Membatik

London, Inggris - Konsul Jenderal RI di Hamburg menggelar acara promosi seni budaya Indonesia di wilayah kerja Jerman Utara, dengan menyelenggarakan acara pengenalan dan demo batik bertema "The Beauty of Batik: An Indonesian Heritage" bertempat di gedung Konjen setempat.

KJRI Hamburg dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA London, Jumat, menyebutkan acara yang digelar untuk kedua kalinya diperuntukkan khusus bagi masyarakat Jerman di wilayah Hamburg dan sekitarnya.

Dalam acara promosi dan demo batik dihadir sekitar 85 tamu undangan dari berbagai kalangan antara lain pengusaha, dosen, mahasiswa, anggota "Deutch-Indonesische Gesselschaft" (DIG), dan beberapa anggota "Consular Women Club".

Pada kegiatan promosi batik yang pertama dipandu Annegret - Haake, seorang pakar batik Indonesia berkebangsaan Jerman, penulis beberapa buku, di antaranya "Javanische Batik : Methode - Symbolik - Geschichte".

Kali ini promosi yang kedua hadir sebagai narasumber Brigitte Willach, seorang seniman lukis dari Hannover yang sejak tahun 1985 mendalami seni batik Indonesia dan aktif menjadi pembicara dalam berbagai seminar di banyak negara.

Ny. Willach mengaplikasikan teknik membatik dengan canting untuk membuat berbagai karya lukisannya, baik natural maupun abstrak.

Acara dikemas dalam empat sesi, yaitu sesi pertama pemutaran film mengenai produksi batik berjudul "Indonesian Batik : A Living Art, Local Tradition and National Pride". Dilanjutkan sesi kedua presentasi berisi penjelasan mengenai sejarah, jenis dan corak batik, serta darimana jenis batik tersebut berasal.

Sedang seksi ketiga praktik pembuatan batik dengan teknik "wax-resist-dyeing", yakni teknik pembuatan corak batik dengan menggunakan canting dan pencelupan kain dengan mengaplikasikan malam (wax) sebagai bahan perintang untuk menahan masuknya bahan pewarna; dan terakhir peragaan memakai kain tradisional batik oleh dua remaja Indonesia.

Acara berlangsung cukup menarik karena dilakukan dalam suasana santai. Seluruh tamu undangan mengikuti dengan seksama keempat sesi yang digelar dalam acara tersebut, terutama saat praktik pembuatan batik, dengan antusias mencermati setiap tahapan yang harus dilakukan untuk menghasilkan corak batik yang diinginkan.

Pada acara itu, juga ditampilkan pula peragaan beragam busana batik yang dikenakan oleh anak-anak dan sejumlah remaja Indonesia di Hamburg. Sementara undangan dipersilahkan melihat kain batik koleksi Ny. Willach yang dipajang di beberapa sudut ruangan.

Seluruh undangan yang hadir menyampaikan kekagumannya atas keindahan corak dan kualitas batik Indonesia, dan sangat mengapresiasi kegiatan KJRI yang dinilai menambah pengetahuan mereka mengenai budaya Indonesia. Acara diakhiri jamuan makan malam dengan menyajikan beragam kuliner khas Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts