Pasar Sore Kauman, Pusat Kuliner Ramadan Tertua di Yogyakarta

Yogyakarta - Yogyakarta di bulan Ramadan makin istimewa bagi wisatawan, karena di sini ada pasar sore Ramadan di Kampung Kauman. Ini adalah pasar kuliner tertua di Kota Gudeg yang hadir tiap bulan puasa. Segala jenis makanan ada!

Pasar sore ini terletak di sebuah gang di Jl KH Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Tempat ini terletak sekitar 500 meter arah barat titik nol kilometer Yogyakarta.

Di ujung gang yang merupakan pintu masuk pasar sore tersebut akan langsung kita ketahui di situlah Pasar Sore Ramadan berlangsung. Di pintu gerbang juga terpasang sebuah spanduk ucapan selamat datang kepada pengunjung di pasar sore yang buka mulai pukul 15.30 WIB hingga saat buka puasa.

Seperti saat detikTravel berkunjung, Rabu (24/6/2015) sehabis ashar, di pinggir trotoar Jl KH Ahmad Dahlan langsung dipenuhi ratusan sepeda motor dan mobil milik pengunjung yang akan berbelanja aneka makanan dan minuman di pasar sore. Di sepanjang gang sepanjang 150-an meter itu ada puluhan warga sekitar yang menjajakan makanan dan minuman.

Oleh panitia, setiap pedagang diberikan nomer urut. Jalan kampung selebar 2,5 meter itu, terbagi menjadi dua. Separuh untuk pedagang dan separuh lagi untuk lalu lalang pengunjung. Meski sempit, pengunjung pun rela antre. Mereka pun bebas memilih aneka makanan dan minuman yang dijajakan warga.

Berbagai aneka makanan/minuman menu buka puasa dan untuk keperluan sahur tersedia di pasar sore tersebut. Ada jajan pasar seperti nogosari, kue lumpur, semar mendem, lemper, arem-arem, aneka jenang, martabak, tahu, tempe dan lain-lain. Berbagai minuman es buah seperti es koktail, es nangka, es kopyor dan es sirsak juga tersedia. Bahkan menu lapuk pauk dan sayur mayur untuk keperluan sahur nanti juga tersedia.

Beberapa lauk pauk yang tersedia antara lain aneka pepes ikan, sayur teri, sambel kering tempe, ayam goreng/bakar, sate ayam, puyuh bakar/goreng dan lain-lain. Dengan ramah para pedagang menyapa pengunjung untuk membeli makanan/minuman yang dijajakan.

"Pasar sore Kauman ini boleh dikatakan merupakan pasar sore tertua dan paling awal ada di setiap bulan Ramadan di Yogyakarta," ungkap Koordinator Pasar Sore Kauman.

Menurutnya dulu di tahun 1980-an banyak warga Kampung Kauman yang menjual makanan dan minuman menjelang buka puasa. Mereka berjualan di depan rumah maupun di pinggir-pingir jalan sekitar Kampung Kauman. Namun lama-kelamaan banyak warga luar Kauman yang datang dan membeli sehingga kemudian berkembang menjadi pasar sore seperti sekarang ini.

"Dulu semua makanan buatan warga sekitar saja. Sekarang ini sudah banyak yang merupakan titipan pedagang," katanya.

Menurut dia, karena setiap Ramadan selalu ramai mulai tahun 1990-an kemudian dikelola oleh RW 10 Kauman. Panitia pun menyiapkan tenda, meja dan kursi serta lampu penerangan agar para pedagang dan pengunjung lebih nyaman. Kalau traveling ke Yogyakarta di bulan Ramadan, yuk pergi ke pasar kuliner Kauman.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign