2 Bule Asal Inggris dan AS Nyinden di Perayaan Hari Kartini di Solo

Solo, Jateng - Ada yang berbeda pada upacara peringatan Hari Kartini yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Selasa (21/4) pagi. Selain diikuti ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS), perayaan kali ini juga dimeriahkan dua wanita warga negara asing.

Dua wanita WNA yang ikut upacara di halaman Balai Kota Solo tersebut adalah Megan Collins dari Amerika Serikat, serta Agnes Ero dari Inggris. Mahasiswi yang belajar di Institute Seni Indonesia (ISI) Solo tersebut tak canggung, saat didaulat menjadi petugas upacara perayaan hari pelopor kebangkitan wanita pribumi di era penjajahan Belanda itu.

Bersama salah satu seniman yang juga PNS Kota Solo, Sruti Respati, keduanya juga nyinden alias menyanyikan lagu berbahasa Jawa. Pada kesempatan pertama, Sruti menyanyikan tembang Macapat yang diciptakan khusus oleh Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Solo, Toto Amanto untuk memperingati Hari Kartini.

Kemudian giliran Agnes yang menembangkan tembang Uler Kambang dan disusul Megan yang mendendangkan lagu Jawa, karya almarhum Gesang berjudul Caping Gunung. Aksi kedua bule tersebut disambut riuh tepuk tangan dari peserta upacara.

"Saya sudah sering nyanyi lagu Jawa, terutama Caping Gunung. Saya pernah tampil di upacara di sini juga beberapa bulan lalu," ujar Megan kepada wartawan, Solo, Selasa (21/4).

Tak hanya penampilan dua sinden ini, beberapa pertunjukan lainnya juga digelar untuk memperingati 136 tahun Kartini, di antaranya seperti tarian batik yang diperankan para PNS Pemkot Solo hingga penampilan dari Solo Batik Carnival.

Sementara itu pada upacara tersebut peserta juga menggunakan pakaian adat Jawa. PNS laki-laki menggunakan pakaian adat bebas, beberapa di antaranya hanya menggunakan pakaian lurik khas Solo. Sedangkan PNS perempuan menggunakan kebaya kuno hingga modern dan kain jarit dengan dilengkapi sanggul.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign