Batik Cikadu Menuju Batik Khas Banten

Pandeglang, Banten - Batik kini tak lagi identik dengan masyarakat Jawa lantaran batik tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Semua daerah punya batik khas masing-masing. Dan, batik menjadi wastra yang diminati wisatawan, termasuk turis asing ketika berkunjung ke Indonesia.

Karenanya Banten tak mau ketinggalan. Adapun Batik Cikadu kini diupayakan menjadi batik khas Banten. “Batik dari Kampung Cikadu, Kecamatan Panimbang, Pandeglang kedepannya akan menjadi batik kebanggaan Banten,” kata Rizal, pembina dan penanggung jawab Batik Cikadu ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (12/4/2016).

Rizal mengatakan, pelatihan Batik Cikadu dimulai sejak 21 April 2015 lalu. Jadi, lanjutnya, tahun ini menjadi peringatan satu tahun keberadaaan Batik Cikadu. “Saat ini ada 50 pecanting atau orang yang membuat batik yang terdiri dari kaum perempuan, khususnya ibu-ibu yang ada di Kampung Cikadu,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 21 April mendatang, akan diupayakan semakin banyak pecanting di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. “Jadi, kedepan tidak hanya sebatas kaum ibu yang ada di Kampung Cikadu yang akan membuat Batik Cikadu yang bisa saja menjadi batik kebanggaan Banten, namun diharapkan ibu-ibu yang ada di Desa Tanjung Jaya bisa terlibat membuat Batik Cikadu,” paparnya.

Rizal menjelaskan bahwa Batik Cikadu didukung PT Banten West Java (BWJ). Senada dengan Rizal, Toto yang merupakan koordinator pelatihan Batik Cikadu ketika dihubungi mengemukakan bahwa Batik Cikadu diharapkan kedepannya bisa menjadi batik khas Banten.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign