Budaya Minahasa Dikenalkan di Eropa

Tondano, Manado - Mahasiswa asal Minahasa kini punya kesempatan untuk melanjutkan studi baik S2 dan S3 di Eropa. Pasalnya, saat ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa sementara membicarakan perihal kerjasama pendidikan dengan Serbia, melalui University of Belgrade. Pertemuan perdana antara kedua pihak pun berlangsung lancar, Jumat (8/7) waktu setempat. Bupati Jantje Wowiling Sajow (JWS) bersama rombongan bahkan disambut langsung Rektor University of Belgrade, Prof Vladimir Bumbasirevic di ruangannya.

Dikatakan JWS, perlu banyak cara untuk memperkenalkan Minahasa di luar negeri. Diantaranya melalui pengenalan seni budaya, antara lain dengan musik Kolintang seperti yang ditampilkannya di acara Open House KBRI Beograd sehari sebelumnya. “Dalam pertemuan ini, kami ketahui, ternyata Perguruan Tinggi (PT) yang berdiri sejak 1908 ini termasuk dalam sekian PT yang terkenal di dunia namun murah biaya pendidikannya,” kata JWS.

Lanjutnya, saat ini pihak Kedutaan Besar RI di Beograd sementara memfasilitasi kerjasama untuk mengirim mahasiswa asal Minahasa yang berminat melanjutkan studi S2 dan S3. Tujuan kerjasama ini mahasiswa Minahasa yang studi di Eropa, nantinya setelah lulus bisa mengabdi untuk membangun Minahasa. “Selain itu, juga untuk memperkenalkan budaya Minahasa di Eropa. Kami mengapresiasi dan merasa bangga akan terobosan dari Duta Besar Harry James Kandou, yang juga putra Minahasa, atas diplomosi yang hebat sehingga bisa memperkenalkan Minahasa di negara Eropa Timur ini,” puji JWS.

Ia pun berharap, kerjasama antara kedua pihak ini bisa terjalin dan berlangsung. “Tentu saja kami memiliki harapan, kiranya kerjasama ini bisa sukses dan nantinya ada mahasiswa Minahasa yang dikirim untuk studi di Eropa, khususnya di Serbia,” kata JWS sembari mengimbau agar mahasiswa Minahasa bisa mempersiapkan diri untuk nantinya dikirim ke Serbia.

JWS sendiri dalam kunjungannya didampingi Ketua TP PKK Minahasa yang juga dosen UNIMA Dr Olga Sajow-Singkoh, Sekkab Jeffry Korengkeng, Asisten II SW Siagian, Asisten III Hetty Rumagit, Kepalan BPMPD Djefry Sajow, Kepala BPK-BMD Riani Suwarno, Kabid Dikpora Jimmy Maramis serta praktisi pendidikan Jolly Regoh.

Sementara dari pihak Univesity of Belgrade, Rektor Vladimir didampingi Wakil Rektor Prof Juanma Popovic, Dekan School of Medicine Prof Neboisa Lalic, International Relations Office Faculty of Agriculture Katarina Smakic PhD, Head of International Relation Office Branka Jenda Marudvic MA dan Prof Yesna Polensic dari Faculty of Agriculture.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign