Pemkot Medan Promosikan Batik Lokal

Medan, Sumut - Pemerintah Kota Medan kian gencar mempromosikan budaya dan kekayaan lokal yang dituangkan dalam desain batik.

Wali Kota Medan T. Dzulmi Eldin mengatakan pemko akan mengadakan lomba desain batik dan pemenangnya akan diberikan hadiah serta batik tersebut akan menjadi ciri khas dan branding Kota Medan dan Sumatra Utara. Adapun lomba desain batik khas Kota Medan dilakukan selama tiga hari.

"Desain itu diharapkan dapat menjadi pakaian seragam aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan," seperti yang dikutip dari laman resmi, Rabu (29/6/2016).

Eldin menuturkan kegiatan lomba desain batik dilakukan untuk melestarikan seni batik, sehingga para perajin batik makin menghayati profesinya, salah satunya dengan memberikan penghargaan berupa perlindungan bagi para pembatik untuk hasil karya intelektualnya.

Atas dasar tersebut, Eldin ingin event desain batik menjadi momentum dalam melindungi dan mencegah terjadinya kesalahan pemanfaatan budaya batik tradisional, khususnya batik Kota Medan sesuai amanah Undang-undang No.19/2002. Adapun total peserta yang ikut dalam desain batik mencapai 62 orang.

Pemkot Medan mengharapkan melalui kegiatan lomba ini, maka inovasi dari industri kreatif semakin muncul. Meski zaman semakin modren, Eldin mengharapkan masyarakat tak melupakan kebudayaan dan diharapkan dilakukan modrenisinasi untuk pembuatan desain batik.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign