Empat Keraton Cirebon Direvitalisasi

Cirebon, Jabar - Empat keraton di daerah Pantura Cirebon, Jawa Barat, akan direvitalisasi dengan anggaran dari pemerintah pusat sekitar Rp159 miliar yang terbagi dua pengalokasian.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Wiendu Nuryanti, Ph.D, di Cirebon, Senin, menuturkan, empat keraton di Cirebon akan direvitalisasi yakni Kasepuha, Kanoman, Kaprabonan dan Kacirebonan ditambah makan Sunan Gunung Jati.

Rencananya pemerintah akan mengeluarkan anggaran sekitar Rp159 miliar, kata dia, terbagi dua pengalokasian yakni untuk fisik Rp 138.349.062.400, sedangkan non fisik Rp21.050.000.000.

Dikatakannya, selain revitalisasi sejumlah tempat bersejarah, pengembangan Sumber Daya Manusia sangat dibutuhkan, karena harus sinergis sehingga perawatan tempat tersebut lestari. Rencana anggaran nonfisik akan diarahkan untuk promosi, pengembangan organisasi dan SDM.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menuturkan, terkait pelestarian dan operatisional tahunan, Pemerintah Jawa Barat sudah mengalokasikan anggaran khusus.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengangarkan sekitar Rp1 miliar untuk operasional Keraton Kasepuhan, dan Rp. sekitar 600 juta, untuk operasional tiga keraton lainnya, yakni Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kapraboan,"katanya.

Menurut dia, anggaran tersebut sesuai dengan cakupan kebutuhan. Dana itu kami alokasikan khusus untuk pelestarian, penjagaan sebagai bukti perhatian pihaknya terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon.

-

Arsip Blog

Recent Posts