Denpasar Gelar Pesta Seni Budaya

Denpasar, Bali - Sebuah pagelaran seni budaya yang cukup spektakuler akan digelar di Denpasar, Jumat (10/5). Mulai dari Bondres, Baleganjur, lawak Bali hingga Joged Bumbung bakal dipentaskan di Lapangan Puputan Badung Gusti Ngurah Made Agung. Aksi para seniman ini dikoordinir oleh Nyoman 'Yangpung' Suarsa.

"Untuk Denpasar juga sebagai pemanasan menjelang Pesta Kesenian Bali karena duta Kota Denpasar di PKB yang akan ditampilkan," kata Yangpung.

Dia berharap parade ini sekaligus untuk mendinginkan suasana Pilgub Bali yang saat ini cenderung mulai membuat gerah. Pagelaran dengan tema Bersatu Menyongsong Masa Depan ini juga untuk menegaskan keberadaan Kota Denpasar sebagai Kota Berwawasan Budaya dimana seni pertunjukannya sudah mampu menjadi daya tarik wisatawan. Beberapa grup yang akan tampil antara lain Joged Bumbung Denpasar, Sanggar Sunari Denpasar, dan Baleganjur Denpasar.

Selain dari Denpasar, sejumlah kelompok seni dari kabupaten lain juga akan ikut menghibur seperti Bondres Dwi Mekar Singaraja, Disamping itu menurut Yangpung pagelaran Seni DenganTema Bersatu Menyongsong Masa Depan ini juga dimeriahkan kumpulan pelawak Bali, Jegog Jembrana, dan Sanggar Seni Sukawati Gianyar.

"Pagelaran ini akan dimulai dari pukul 18.00 Wita hingga selesai, bagi masyarakat Denpasar dapat datang langsung menyaksikan berbagai suguhan kesenian yang siap menghibur masyarakat," ujar Yangpung.

Sementara pada Sabtu (11/5) dalam rangka memaknai Tumpek Krulut Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan kembali menggelar berbagai seni tabuh di Lapangan Puputan Badung, Gusti Ngurah Made Agung. Menurut Yangpung yang juga panitia memaknai Tumpek Klurut ini berbagai gambelan Bali akan disuguhkan kepada masyarakat.

Diantaranya Gong Kebyar, Gambelan Gandrung, Gambelan Semara Pagulingan, Gong Beri, dan Sekaa Gambang. Pagelaran ini juga bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat baik Nasional maupun Internasional bahwa peringatan hari musik sudah tertata di Bali sejak lama.

-

Arsip Blog

Recent Posts