Solo Menari 24 Jam pada 29 April

Solo, Jateng - Sebanyak 3.500 penari dari 134 grup berbagai provinsi akan tampil dalam pertunjukan Solo Menari 24 Jam pada 29 April 2013 yang bertepatan dengan perayaan Hari Tari Dunia.

Peserta ke Solo masing-masing dengan biaya sendiri, kata Ketua Panitia Hari Tari Sedunia Solo Prof Dr Sri Rochana W kepada wartawan di kampus ISI Kentingan Solo, Senin.

Mereka berasal dari Solo sebagai tuan rumah, Kediri, Surabaya, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Palembang, dan lain-lian.

Ia mengatakan, peringatan Hari Tari Dunia yang digelar Institut Seni Indonesia (ISI) Solo dengan Pemkot Surakarta merupakan ajang serupa yang ketujuh.

Kegiatan ini diharapkan bisa membangkit seni tari di masyarakat dan tidak hanya di Solo, tetapi di Indonesia dan bahkan dunia.

Dikatakannya, peringatan Hari Tari Dunia akan dimulai dari halaman Kampus ISI Solo pada pukul 06. 00 WIB dan terus dilanjutkan di beberapa titik yang telah dipersiapkan.

Empu tari asal ISI Solo Wahyu Satoso Prabowo, S.Kar.M.Hum akan menari selama 24 jam tanpa berhenti dengan didampingi para mahasiswa dan dosen lainnya.

"Ya Pak Wahyu nanti beserta dosen lainnya dan para mahasiswa akan menari selama 24 jam tanpa berhenti dengan menarikan dari karya-karyanya itu di ISI Solo," kata Sri Rochana.

Ia mengatakan, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dengan mengenakan kostum pakaian wayang Werkudara yang didampingi para pejabat di Pemkot Surakarta serta diikuti dari 400 penari dari sanggar-sanggar di daerah ini juga akan menari di Jalan Jenderal Sudirman (depan gedung Bank Indonesia).

Sementara itu, di halaman ISI juga akan digelar tari yang diikuti oleh sebanyak 400 penari dari para pelajar yang ada di Solo dan sekitarnya.

Tema tari yang dibawakan Wali Kota Surakarta beserta penari lainnya adalah "budalan". Hal ini dimaksudkan untuk mengawali kerja dari Wali Kota yang baru menuju yang lebih baik lagi.

"Ya untuk tarian yang di bawakan oleh Pak Wali Kota nanti semuanya mengenakan pakaian wayang, dan ada sebelas penari yang membawa wayang besar," katanya.

Sri Rochana mengatakan tamu yang akan datang di Solo sudah cukup banyak dan bahkan dari Bandung akan datang 10 bus.

"Ya dari Bandung saja kemarin sudah memberi tahu ke panitia bahwa akan datang 10 bus dan ini belum daerah lainnya. Saya kira hari itu cukup banyak wisatawan yang datang ke Solo," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts