Ambon Gelar Pasar Ramadhan di Dua Lokasi

Ambon, Maluku - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar pasar murah Ramadhan 1435 Hijriah di dua lokasi yakni desa Poka kecamatan Teluk Ambon dan kelurahan Pandan Kasturi, kecamatan Sirimau.

"Pasar murah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan menjelang hari raya keagamaan, kali ini difokuskan untuk masyarakat di dua kecamatan yakni Teluk Ambon dan Sirimau," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, belum lama ini.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi masyarakat Ambon yang semakin meningkat berdampak pada masyarakat ekonomi terbatas.

"Kemajuan ekonomi tersebut berdampak pada masyarakat ekonomi terbatas untuk bersaing dengan kondisi tersebut, pemerintah memiliki peranan untuk melihat kondisi masyarakat," katanya.

Jelang hari raya, kata Richard, pelaku usaha menerapkan filosofi dagang yakni meraih keuntungan. Hal ini akan berdampak pada masyarakat ekonomi terbatas.

"Pasar murah ini menyiapkan kebutuhan masyarakat dengan harga di bawah pasaran, sehingga kebutuhan pokok dapat dijangkau," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat dapat optimal memanfaatkan pasar murah tersebut guna membeli kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri.

"Saya minta Disperindag untuk memperhatikan hal ini jangan sampai pasar murah ini didominasi oleh pegawai dan masyarakat menengah keatas," katanya.

Sementara itu Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Ambon, Rudy Wattilete menyatakan, untuk kegiatan pasar murah itu pihaknya menyediakan harga subsidi bekerja sama dengan distributor.

Pemkot, katanya menyiapkan anggaran subsidi pasar murah sebesar Rp50 juta dan Rp44 juta untuk kegiatan operasional dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014.

"Kami bekerjasama dengan lima distributor serta perum Bulog untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts