Unik, Festival 1001 Warung Kopi di Belitung

Belitung, Babel - Pulau Belitung sejak lama memang sudah terkenal dengan pertambangan timahnya. Namun sejak kemunculan novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, pulau ini makin populer dengan keindahan alamnya. Selain keelokan pantai dengan batu-batu besarnya, Belitung terkenal dengan wisata kulinernya.

Untuk meningkatkan pariwisata di kabupaten Belitung Timur, Belitung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar ) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengadakan festival warung kopi. Bertempat di kota manggar yang terkenal dengan banyaknya warung kopi, pada tanggal 14 hingga 15 juni yang lalu, warga Belitung Timur mengadakan Festival 1001 Warung Kopi.

Festival budaya ini bertujuan untuk mengenalkan pada masyarakat Indonesia, bahwa budaya di Belitung Timur sangat beragam dan unik. Adapun isi dari acara ini, diantaranya mengadakan pemilihan putri kopi 2014, pemilihan ini diadakan, agar putri kopi bisa menjadi duta pariwisata di kota Manggar dan Kabupaten Belitung Timur.

Selain pemilihan putri kopi, festival ini juga menampilkan beberapa artis ibu kota yang menghibur masyarakat kota Manggar dengan lantunan lagu-lagu yang akrab di telinga. Selain itu festival ini juga mengadakan beberapa lomba yang diikuti oleh masyarakat. Beberapa lomba itu diantaranya balap minum kopi, lomba warung kopi terbaik, dan masih banyak lagi.

”Maksud digelarnya Festival 1001 Warung kopi ini selain untuk menjalin silaturahmi antar jejaring warung kopi ,juga sebagai anjang untuk mencarian ikon pariwisata Beltim ,” ujar Kepala disbudpar Beltim Helly Candra pada saat pidato pembukaan.

Pada malam puncak acara, diumumkan juga para emenang Putri Kopi 2014. Mereka berhak memperoleh paket wisata dan uang tunai. Untuk penilaian warung kopi terbaik yang dinilai selain keramaian, kebersihan, pelayanan, dan cita rasa dari kopi yang diseduh.

Rencananya festival seperti ini akan diadakan setiap tahun di Manggar, Belitung Timur. Berminat menghadiri, silakan agendakan untuk datang ke sini.

-

Arsip Blog

Recent Posts