Pekan Budaya Sulteng di Ampana dan Wakai

Makassar - Pekan Budaya dan Pariwisata Sulawesi Tengah X akan diselenggarakan dari tanggal 17-21 Juli 2011 di Ampana dan Wakai, Kabupaten Tojo Unauna.

Kegiatan yang dilakukan antara lain pawai bertema kehidupan di bawah air, pameran seni lukis bertema kehidupan di bawah air, seni kriya bertema kehidupan di bawah air, seni pertunjukan tradisi dan partunjukan masyarakat adat.

Selain itu ada pula partunjukan sastra daerah bertema kehidupan di bawah air, pagelaran tari kreasi bertema kehidupan di bawah air, workshop seni pertunjukan, serta kunjungan wisata ke Wakai untuk menyaksikan pembukaan Festival Togean.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah, Suaib Djafar menjelaskan, acara ini merupakan program tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan secara bergilir di setiap kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah. Pekan Budaya telah dilaksanakan berturut-turut pada tahun 2002, 2003, 2005 dan 2010 di Kota Palu, 2004 di Kabupaten Luwuk Banggai, 2006 di Kabupaten Donggala, 2007 di Kabupaten Parigi Moutong, 2008 di Kabupaten Tolitoli, 2009 di Kabupaten Buol dan di tahun 2011 dilaksanakan di Kabupaten Tojo Unauna.

Pada empat kali pelaksanaan sebelumnya atau sejak tahun 2007, acara ini telah menggunakan pendekatan tematik. Pada Pekan Budaya dan Pariwisata Sulawesi Tengah X 2011 di Tojo Unauna, tema yang akan diusung adalah kehidupan di bawah air. Hal ini didasari oleh potensi unggulan dari Kabupaten Tojo Unauna di sektor pariwisata dengan mengandalkan keindahan taman bawah lautnya.

Sejak menggunakan pendekatan tematik, penataan festival pekan budaya dan pariwisata Sulawesi Tengah dirancang sedemikian rupa hingga menjadi lebih menekankan pada ekspose keragaman seni tradisi dan perkembangan seni pertunjukan serta seni rupa sebagai sarana pendidikan kebudayaan masyarakat. ini diwarnai dengan kegiatan workshop yang edukatif untuk mengasah sumber daya manusia seniman dan budayawan di Sulawesi Tengah.(*)

-

Arsip Blog

Recent Posts