Pekan Budaya Sumbar Ditunda

Payakumbuh, Sumbar - Pekan Budaya Sumatera Barat 2011 yang dijadwalkan berlangsung di Payakumbuh Juli ini, akhirnya ditunda 11-17 September 2011. Pengunduran jadwal tersebut ditetapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar.

“Pengunduran ini dilakukan, untuk memberi kesempatan kepada perantau, menikmati Pekan Budaya Sumbar di Payakumbuh,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Yoherman kepada Padang Ekspres, Senin (4/7).

Yoherman mengatakan, Pekan Budaya Sumbar di Payakumbuh, bakal mampu mendorong anak negeri ini mencintai budayanya sendiri. Geregetan iven budaya ini, diyakini bakal merangsang masyarakat untuk menggali nilai-nilai budaya yang belum mereka ketahui.

Dikatakan, pengunduran jadwal, bakal banyak membantu seluruh kota/kabupaten di Sumatera Barat, untuk lebih berbenah. Sehingga, kehadiran daerah dalam PB mendatang, bukan sekadar memenuhi wirid saja, tapi benar-benar datang untuk mensosialisasikan seluruh budaya daerah bersangkutan ke masyarakat.

“Perantau yang pulang kampuang yang hadir selama PB Sumbar, akan merasa senang dan antusias mengetahui, betapa ragamnya budaya di Ranah Bundo Kanduang ini,” sebut Yoherman.

Selama sepakan pelaksanaan PB Sumbar, akan digelar pameran benda cagar budaya, pameran seni rupa, pameran produk unggulan daerah yang berbau dengan budaya. Kegiatan lainnya, berupa festival saluang, randai, gamad, gambus serta kesenian tradisional lainnya.

Berikutnya, lomba-lomba pakaian adat, tari kreasi minang, baju kurung dan cerdas cermat budaya. Pembukaan PB, akan diawali dengan pawai budaya seluruh daerah. Direncanakan star dari depan eks kantor Bupati Limapuluh Kota di Jalan Sudirman Payakumbuh menuju arena pembukaan PB di Kubu Gadang.

-

Arsip Blog

Recent Posts