Puluhan Kontingen Ikuti Pawai Budaya Nusantara

Probolinggo, Jatim - Sejumlah kesenian daerah di Indonesia tampil dalam Pawai Budaya Nusantara di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (10/7). Para peserta pawai berjalan menempuh rute sejauh lima kilometer dimulai dari Jalan Panglima Sudirman hingga finish di alun-alun Kota Probolinggo.

Kontingen asal Solo menjadi duta pertama yang tampil dalam pawai tahun ini. Tari kontemporer bertema bunga disajikan dengan keluwesan sejumlah penarinya dengan gaya dan kekhasan orang Jawa. Dari wilayah timur, Bali menjadi kontingen selanjutnya dengan tarian blaganjur. Tarian diiringi ogoh-ogoh.

Ditampilkan juga tarian rampak gendang dari Cimahi, Jawa Barat. Disusul duta dari DKI Jakarta yang menyuguhkan kesenian asli Betawai berupa onde-onde. Total peserta pawai budaya tahun keempat ini sekitar 54 kontingen. Para peserta menjadikan ajang ini sebagai silaturahmi dengan seniman lain.

Sementara itu warga sangat terhibur dengan kegiatan ini. Pasalnya mereka bisa melihat secara langsung berbagai kesenian daerah dari beberapa kota di Indonesia tanpa jauh-jauh datang ke daerah asal. Pemda berharap pawai budaya jadi magnet bagi meningkatkan kunjungan wisata di daerahnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts