Cepu Patenkan 5 Motif Batik

Bojonegoro, Jatim - Lima motif batik khas dari Cepu, Jawa Tengah akan segera dipatenkan. Pendaftaran paten ini dilakukan keluarga besar Keraton Djipang yang berpusat di Desa Djipang, Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, bersamaan dengan peresmiannya pada 7 Mei 2016.

Lima motif batik khas Cepu yang akan dipatenkan dan sarat filosofis itu adalah batik motif gagak rimang kyai seton kober, batik soreng-soreng, batik mawar djipang kelopak 9, batik tebu ireng, dan batik sri rejeki (batik ceplok mawar sri rejeki).

Dengan paten 5 motif batik ini, Keraton Djipang berharap agar budaya seni membantik akan semakin memasyarakat sekaligus melestarikan nilai seni daerah. Lebih jauh, paten bisa menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal dengan membatik.

Untuk memperoleh batik khas Cepu sendiri, wisatawan dapat mengunjungi sentra batik di empat kawasan yang terkenal, yaitu Kelurahan Ngelo, Kelurahan Balun, dan Desa Kentong.

Sementara itu, Keraton Djipang adalah sebuah lembaga adat yang terbentuk untuk melestarikan Kerajaan Djipang beserta budayanya, yang memiliki sejarah di kota ini.

Kerajaan Djipang berpusat di Desa Djipang, Cepu, Jawa Tengah. Wilayahnya meliputi Blora, Pati, Bojonegoro dengan rajanya yang sangat dikenal, yaitu Pangeran Arya Penangsang.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign