UNPAD Gelar "Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran"

Bandung, Jabar - Tim Kesenian Universitas Padjadjaran akan menyelenggarakan Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran ke-55 di Graha Sanusi Unpad Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Rabu (30/1).

"Kegiatan pidangan seni budaya rumawat Padjadjaran ini merupakan agenda rutin Unpad, untuk menumbuhkan minat generasi muda melestarikan seni budaya Padjadjaran," kata Humas Unpad, Wenny Widyowati di Badung, Selasa.

Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran Edisi ke-55 akan mengusung tema "Baranang Bentang Ipukan" yang akan mempertunjukkan bakat-bakat generasi muda, penerus lestarinya seni budaya Sunda.

Seni budaya yang ditampilkan adalah Rampak Dalang, Rampak dan Solo Kendang, Gotong Singa, Angklung, Tarompet, Kawih, Penca.

Acara itu juga akan diisi oleh parade dalang dari Para Putu Giri Harja , Padepokan Karang Kamulyan Kabupaten Bandung, Saung Angklung Udjo, Padepokan Gelar Pusaka dan Padepokan Linggar Manik Kabupaten Subang.

"Pidangan seni ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya," kata Wenny.

Semangat dari kegiatan Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran itu, kata dia didasari kondisi terkini dari seni budaya daerah terdesak oleh arus seni budaya luar yang ternyata semakin kurang diminati oleh kaum muda, menjadikan sebuah situasi yang mengkhawatirkan.

"Kelestarian seni budaya daerah pada masa yang akan datang sangat tergantung pada generasi muda saat ini. Ketika generasi muda masa kini sudah tidak melirik seni budaya tradisional, keberadaan seni budaya tradisional terancam punah," kata juru bicara Unpad itu menambahkan.

-

Arsip Blog

Recent Posts