Mengenalkan Budaya Nusantara lewat Tarian

Salatiga, Jateng - Pembentukan karakter anak agar cinta terhadap Tanah Air perlu ditanamkan sejak dini. Salah satu caranya dengan mengenalkan adat-istiadat dari Nusantara, berupa tarian dan lagu daerah.

Hal itu yang menjadi tema kegiatan tradisi kelulusan Kelompok Bermain (KB)/Taman Kanak- kanak (TK) Rainbow, di Grand Wahid Hotel Salatiga, kemarin. Kegiatan itu diisi pentas drama yang dimainkan murid dan guru.

Dalam drama itu, mereka mengungkapkan keinginan keliling Nusantara, untuk mengerti tarian dan adat setiap daerah. Dimulai dari Sabang dan berakhir di Merauke. Dalam pentas itu dikisahkan, anak-anak itu melakukan tur mulai dari Sumatera, dan mendapatkan tarian lilin khas Minangkabau.

Ketika berada di Pulau Jawa, mereka mendapat suguhan tari gambyong. Adapun ketika perjalanan mereka sampai ke Bali, mereka menikmati tari kecak dan karakter buta (tokoh jahat), berupa raksasa yang kerap mengganggu manusia.

Pengalaman Baru

Kemudian yang terakhir perjalanan di Provinsi Papua, mendapat hiburan tarian khas penduduk yakni tari dan lagu sajojo yang dibawakan penuh kegembiraan. ”Tema kegiatan kelulusan tahun ini adalah mengajak anak mengenal wilayah Nusantara melalui tarian dan adat istiadatnya. Kami yakin, anak-anak mendapat pengalaman baru mengenal tradisi setiap daerah yang tidak akan dilupakan seumur hidup,” kata Kepala TK/KB Rainbow, Deshinta Kridawati.

Adapun acara kelulusan tersebut dihadiri orang tua dan perwakilan dari dinas, serta lembaga lainnya. Persiapan pentas drama dan tarian tersebut sudah dilaksanakan murid sejak beberapa pekan lalu. KB/TK Rainbow berada di Jl Pramuka-Penggalang Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo.

Program pendidikan yang ditawarkan tidak hanya melatih kecerdasan dengan berbagai pengetahuan, namun dibarengi pula dengan kegiatan kaya pengalaman dan menyenangkan (real fun learning).

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign