Dua Penari Asing Meriahkan Pekan Budaya Kediri

Kediri, Jatim - Dua penari warga negara asing turut memeriahkan kegiatan pekan budaya dan pariwisata yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, 30 Juni-9 Juli 2011 di Simpang Lima Gumul.

Pelaksana tugas Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Kediri, Edhi Purwanto, Rabu mengatakan, dua penari asing itu masing-masing Estefania dari Venezuela dan satunya lagi Mika dari Jepang.

"Mereka akan menari karya komposisi tari dengan judul plur harmoni, bersama dua penari solo diiringi musik perkusi Etno Ensemble," ujarnya.

Ia mengatakan, panitia sengaja mendatangkan grup musik etnis pertama dari Solo ini. Pihaknya ingin membuat kegiatan pekan budaya dan pariwisata yang tiap tahun diadakan ini berbeda dari sebelumnya.

Selain menyuguhkan atraksi grup musik Etno Ensemble yang lebih dominan dengan musik etnik nusantara ini, berbagai atraksi budaya dari beberapa daerah dari Jawa juga ikut memeriahkan acara ini. Beberapa peserta yang sudah memastikan diri akan hadir dan menyemarakkan acara ini adalah dari Solo, Madura, Banyuwangi, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Timur dan sekitarnya.

"Seluruh peserta sudah siap akan datang ke Kediri. Tentunya, ini menjadi acara menarik, karena juga mengenalkan budaya daerah lain," ucapnya.

Dalam kegiatan itu, seluruh potensi wisata di Kabupten Kediri juga dikenalkan, seperti anak Gunung Kelud (1.730 mdpl) di Perkebunan Margomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamtan Ngancar, air terjun Irenggolo di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, dan beberapa objek wisata lainnya.

Kegiatan pekan budaya dan pariwisata di Kabupaten Kediri itu juga akan diikuti seluruh instansi dengan mendirikan bilik-bilik untuk promosi sekaligus sosialisasi kegiatan.Untuk para peserta pawai pekan budaya, akan dimulai dari Desa Paron, Kecamatan Gampengrejo. Para peserta akan berjalan sejauh 15 kilometer langsung menuju Simpang Lima Gumul (SLG). Para peserta juga akan unjuk kebolehan di depan panggung yang dihadiri para pejabat dan tamu undangan dari luar kota, hingga agen pariwisata, sekitar tiga menit.

Usai kegiatan itu, akan dilanjutkan dengan pembukaan seremonial pameran di SLG. Kegiatan itu selain diikuti instansi pemkab, juga dari BUMN dan BUMD.

-

Arsip Blog

Recent Posts