Indonesia “Tebar Pesona” di Ppameran Otdykh Leisure Moskow

Jakarta - Untuk kedelapan kalinya sejak tahun 2008, Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar di Rusia, the 21st International Trade Fair for Travel and Tourism “Otdykh Leisure”

Pameran Otdykh Leisure 2015 diikuti 700 peserta dari Rusia dan 70 negara kawasan Uni Eropa, Amerika Latin, Amerika Serikat, Cina, beberapa negara eks Uni Soviet, serta ASEAN (Singapura, Vietnam, dan Thailand). Indonesia hadir di 2 stand terpisah, yakni stand “Enjoy Jakarta” yang khusus ditempati tim Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta serta stand “Wonderful Indonesia” Kementerian Pariwisata RI yang selain membawa tim kesenian, juga diisi 13 pelaku bisnis pariwisata dan perhotelan di Indonesia.

Partisipasi Indonesia dalam event wisata tahunan ini didukung sepenuhnya oleh KBRI Moskow.

Stand “Enjoy Jakarta” dengan warna dominan hijau di hari pertama pameran ramai dikunjungi pengunjung yang meliputi kalangan pelaku bisnis pariwisata dan media masa. Nuansa Betawi terasa kental dengan kehadiran Kalya dan Rizky, runner up Abang dan None Jakarte 2015 sebagai penerima tamu dan juga hidangan jajanan pasar dan minuman khas Betawi bir pletok yang membuat pengunjung antri.

“Enak, rasanya hangat di perut,” ujar Sergey yang menjajal bir pletok Betawi.

Suasana stand DKI Jakarta juga semakin meriah dengan suguhan kesenian Betawi tari kipas dan tari piring yang dibawakan lincah dinamis oleh kelompok tari yang dibawa Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta.

Begitu pula suara sopran penyanyi Lea Angeline Simanjuntak yang membawakan beberapa nomor lagu hits Katy Perry, Rock Around the Clock, Chrisye, Vina Panduwinata, Bengawan Solo, Indonesia Tanah Pusaka, dan Maragam-ragam, membuat hadirin ikut berdansa gembira. Selain Lea, 1 nomor lagu Maluku “Sio Mama” dalam Bahasa Rusia juga dibawakan oleh Dharma Oratmangun dan memperoleh aplus luar biasa dari hadirin.

Sementara itu stand Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata RI yang letaknya bersebelahan dengan stand DKI Jakarta juga tidak kalah meriah. Stand dengan desain kapal Phinisi merah diikuti 13 pelaku industri travel, tour, dan hotel yang menawarkan berbagai paket wisata Bali, pesona Borobudur, Prambanan dan Candi Ratu Boko, tempat-tempat pariwisata di Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Eco-tourism.

Stand Wonderful Indonesia juga dimeriahkan dengan beberapa nomor tarian dari Jakarta serta kehadiran Everarda Belay, penenun kain tenun Tanimbar dan Jitron, pemain musik sasando dari NTT. Bukan hanya itu, kemeriahan warna-warni pakaian ala karnaval yang dikenakan para penari di kedua stand DKI Jakarta dan Kementerian Pariwisata juga membangkitkan minat masyarakat umum Rusia, profesional, ataupun media setempat untuk berfoto bersama.

Partisipasi Indonesia dalam ajang pameran Otdykh Leisure 2015 ini, menurut Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun, merupakan bagian dari strategi kreatif Indonesia untuk memasarkan berbagai destinasi wisawa di Indonesia beyond Bali guna lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia yang mencapai hampir 100 ribu orang tahun lalu.

“Berlibur ke luar negeri sudah merupakan kultur dan kebutuhan masyarakat Rusia. Meskipun dewasa ini Rusia dikenai sanksi Barat dan nilai mata uang rubel merosot akibat turunnya harga minyak, namun dengan strategi pemasaran yang kreatif dan tepat saya yakin minat masyarakat Rusia berlibur ke Indonesia masih tetap tinggi. Terlebih lagi sejak tahun 2015 warga Rusia dibebaskan dari visa masuk ke Indonesia,” ujar Dubes Djauhari.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign