Ketua LAM Pelalawan Kukuhkan Zainuddin Menjadi Datuk Batin Hitam Sei Medang

Pelalawan, Riau - Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Pelalawan Ir H Tengku Edy Sabli MSi melantik serta mengukuhkan Zainuddin menjadi Datuk Batin Hitam Sei Medang. Pengukuhan ini dilaksanakan di desa Pangkalan Gondai di rumah salah seorang kemonakan dari Batin Hitam Sei Medang pada Kamis, (25/2/2016).

Hadir pada pelantikkan dari LAM Pelalawan yakni ketua LAM Pelalawan Tengku Edi Sabli, Sekretaris LAM Nur Zepri dan beberapa pengurus lainnya. Sementara perwakilan dari Pemkab Pelalawan mewakili Bupati yakni Tengku Junaidi, Sekretaris Disbudparpora Pelalawan.

Puncak dari pengukuhan ini yakni pembacaan sumpah Sati oleh Batin Hitam Sei Medang yang dipimpin langsung oleh Ketua LAM Pelalawan sekaligus perwakilan kesultanan Pelalawan dan disaksikan langsung seluruh batin adat petalangan yakni seluruh batin oso tigo puluh.

Dalam arahannya, Edy Sabli ketua LAM Pelalawan mengharapkan agar datuk Zainuddin senantiasa menjaga sumpah sati. "Datuk Batin Hitam Sei Medang hari ini telah resmi menjabat sebagai datuk Batin Hitam Sei Medang, tahniah semoga Datuk dan selamat menjalankan amanah," ujarnya.

Sementara, Tengku Junaidi Sekretaris Disbudparpora Pelalawan mewakili Bupati dalam arahannya mengatakan mengucapkan selamat kepada datuk Zainuddin atas gelar dan jabatannya dan marilah kita sama-sama membangun sesuai visi misi bapak bupati HM Harris agar pembangunan cepat tercapai, katanya.

Penyematan Batin Hitam Sei Medang dilakukan sesuai alur dan patutnya. Hal ini berdasarkan tradisi adat istiadat resam melayu Pelalawan, bahwa gelar batin hanya kembali kepada keponakan kandung dan itupun harus dilakukan oleh musyawarah.

Gelar batin hitam sei medang sebelumnya dipangku dan dijabat oleh Abdul Majid tetapi setelah beliau mangkat akhirnya berdasarkan mufakat dan musyawarah di lakukanlah penunjukkan langsung terhadap Zainuddin untuk meneruskan jabatan batin hitam sei medang. Bahkan penunjukkan itu langsung dilakukan di hadapan jenazah almarhum Abdul Majid.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign