Yuk Lihat Atraksi Budaya Ritual Buang Jong di Beltim Akhir Pekan Ini

Belitung, Babel - Jika anda sedang berwisata ke Pulau Belitung pekan ini, maka tidak ada salahnya melihat atraksi budaya Ritual Buang Buang Jong Suku Sawang, Dusun Seberang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (27/2/2016) besok.

Sebab, selama dua hari, Sabtu (27/2/2016) besok dan Minggu (28/2/2016) ini merupakan puncak acara tersebut.

Ritual tahunan Suku Sawang ini dimulai dengan ritual adat Bedeker, Kamis (25/2/2016) malam kemarin. Bedeker adalah ritual memohon keselamatan, kelancaran dan keamanan selama satu tahun yang masih eksis dilakoni Suku Sawang yang dilakukan selama empat malam.

"Puncak acaranya Sabtu (27/2) malam dimulai dari jam 16.00 sampai dengan jam 18.00. Disambung lagi mulai jam 20.00 sampai jam 23.00 untuk acara resminya. Dan disambung sampai pagi untuk acara bebasnya," ucap Randi, Jumat (26/2/2016)

Randi melanjutkan, pada Minggu (28/2/2016) pagi, acara akan dilanjutkan dengan arakan-arakan Jong (semacam perahu tradisional Suku Sawang) di Pantai Mudong, Kecamatan Gantung. Jong akan dibuat ke laut lepas di Pantai Mudong.

"Arakan-arakan itu dilakukan sebelum dibuang ke laut lepas," katanya.

Pada tahun ini Disbudpar Beltim kembali memfasilitasi atraksi tersebut dengan dikemas secara apik, rapi, dan profesional. Kadisbudpar Beltim Helly Tjandra mengklasifikasikan event budaya tahunan tersebut masuk dalam jalur selatan wisata Beltim yang meliputi Kecamatan Gantung, Kecamatan Simpang Pesak, dan Kecamatan Dendang.

Jalur ini,kata Helly, melewati sejumlah sejumlah objek wisata yang kerap dikunjungi wisatawan melalui tour and travel agent seperti kawasan replika SD Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, hingga Pantai Punai.

"Harapannya memperkenalkan kepada orang bahwa di sini ada komunikasi Suku Sawang atau suku Sekak yang memiliki tradisi dan diimplemententasikan berupa festival Buang Jong," kata Helly, Jumat (26/2/2016).

Ritual Bujang Jong merupakan produk kebudayaan Suku Sawang yang masih eksis di Dusun Seberang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Beltim. Buang Jong merupakan kegiatan yang diadakan oleh Perkampungan Seni dan Budaya Suku Sawang

-

Arsip Blog

Recent Posts