Cerita Daerah Peninggalan Warisan Budaya

Bangka, Babel - Cerita-cerita daerah ini merupakan salah satu peninggalan warisan budaya dan merupakan hal yang sangat penting bagi kenangan sejarah adat budaya.

Hal tersebut terungkap pada kegiatan lomba bercerita tingkat sekolah dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Bangka yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Kantor Perpustakaan dan Kearsipan (KPK) selama 4 hari, 1-4 Maret 2016 di Hotel Novilla Boutique Resort Sungailiat.

“Cerita-cerita daerah ini merupakan salah satu peninggalan warisan budaya dan merupakan hal yang sangat penting bagi kenangan sejarah adat budaya,” ungkap ketua panita pelaksana H.Sutrisno Kepala Kantor Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Bangka, Selasa (01/03).

Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut, selain guna memberikan pemahaman kepada siswa/i SD/MI (para peserta-red) agar dapat lebih memahami tentang cerita-cerita daerah yang ada di Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

“Dalam lomba ini, siswa/i SD/MI se-Kabupaten Bangka merupakan sasaran dari kegiatan yang digelar” ungkapnya dihadapan 67 orang peserta lomba dan tamu undangan yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Ditambahkannya, dari kegiatan ini diharapkan, dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak Negeri terhadap warisan budaya daerah, serta dapat mempertebal rasa kepercayaan diri dan keberanian anak-anak peserta lomba.

Sementara itu, Bupati Bangka diwakili Asisten bidang Administrasi Umum Setda Bangka Akhmad Mukhsin mengatakan dalam Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan telah menyebutkan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa salah satunya adalah melalui pembudayaan gemar membaca.

“Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam pembudayaan kegemaran membaca yaitu melalui penyelenggaraan lomba seperti ini” katanya

Dalam kesempatan tersebut, atas nama Pemkab Bangka beliau menyampaikan apresiasinya atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan lomba ini.

“Saya ucapkan selamat mengikuti lomba, semoga sukses untuk memperoleh hasil yang terbaik,” pungkasnya

-

Arsip Blog

Recent Posts