12 Ribu Pelajar dan Mahasiswa Meriahkan Pawai Tahun Baru Islam

Tenggarong, Kaltim - Sebanyak 12 ribu pelajar dan mahasiswa di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur memeriahkan pawai menyambut tahun baru Islam 1437 H, Selasa (13/10/2015).

Mereka berkumpul di halaman Masjid Sultan Sulaiman Tenggarong sejak pukul 07.00 Wita. Sebagian besar peserta pawai mengenakan pakaian serba putih.

"Pawai Sambut Tahun Baru Islam diikuti 49 regu dari mulai SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi di Tenggarong," ujar M Arsyad, Kabag Kesra Setkab Kukar melalui stafnya, Kustian.

Acara pawai dibuka langsung Plt Sekda Kukar Marli. Menurut Marli, pawai tahun ini luar biasa meriah karena lebih banyak pesertanya dibanding tahun sebelumnya.

Peserta pawai berbaris dan berjalan menyusuri jalan Kota Tenggarong dengan rute diawali depan Masjid Agung, Jl Sutoyo, Jl Diponegoro, Jembatan Bongkok, Jl Sudirman, Jl Imam Bonjol, Jl Danau Aji, Danau Semayang, Jl Kartini dan kembali ke Masjid Agung.

Pawai ini menyita perhatian warga sekitar. Beberapa kendaraan dialihkan untuk mengurai kemacetan di sekitar rute pawai.

Peserta dari SDN 002 Tenggarong membawa 99 papan bertuliskan Asmaul Husna. Sejumlah peserta juga membawa alat musik rebana sembari bersalawat.

SMAN 1 Tenggarong dan SMA-IT Nurul Ilmi mengirimkan 1.000 pelajarnya dalam pawai kali ini. Pelajar SMAN 1 mengenakan pakaian ihram. Kegiatan pawai Tahun Baru Islam ini digelar Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kukar bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kukar dan pengurus Masji Agung Sultan Sulaiman.

Kegiatan menyambut 1 Muharram ini dirangkai dengan doa akhir tahun yang digelar selepas Asar dan doa awal tahun selepas Maghrib. Acara doa akhir dan awal tahun ini menghadirkan Habib Abdul Kadir al Hasnie, lalu dilanjutkan Acara Tausiyah Tahun Baru Islam yang disampaikan oleh Ustad Juraidi Malkan dari Jakarta selepas Isya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign