Ayo, Saksikan Festival Kora Raja Tenggarong

Tenggarong, Kaltim - Tabuhan gendang menandai pembukaan Festival Kota Raja (FKR) ke-4 2015. Pemukulan gendang dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Kukar Chairil Anwar, didampingi Dandim 0906/Tenggarong Letkol Kav Ari Permana Sakti, Plt Setkab Kukar Marli, Kadisbudpar Kukar Sri Wahyuni, perwakilan BPD Kaltim, serta unsur paguyuban. Kegiatan itu berlangsung mulai 3 hingga 11 Oktober yang dipusatkan di lapangan basket Jalan KH Ahmad Muksin, Kelurahan Timbau, Tenggarong.

Pj Bupati memberikan apresiasi kepada panitia yang telah mengerahkan seluruh kemampuan dan dedikasinya, sehingga FKR dapat terselenggara dengan baik. “Ajang ini menjadi salah satu upaya melestarikan, mengembangkan, serta memperkenalkan kesenian, dan kerajinan lokal kepada masyarakat,” ucap Pj Bupati.

“Jangan sampai, budaya dan kesenian lokal kita tenggelam di bawah asing,” ungkap Pj Bupati.

Dia menegaskan, FKR dapat menjadi salah satu sarana menggali, mengenalkan, memasyarakatkan, dan mengukuhkan eksistensi budaya serta kesenian di Bumi Etam. “Sehingga pada era komunitas ASEAN, budaya dan kesenian kita tetap eksis, bahkan dapat lebih spektakuler, dengan menggabungkan tradisi dan kontemporer. Sehingga mampu menjadi daya tarik bagi bangsa lain untuk menikmatinya, sekaligus menjadi pendorong wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kukar,” ucapnya.

Kepala Disbudpar Kukar Sri Wahyuni mengatakan, FKR diisi dengan berbagai pentas seni Nusantara, dan gelar produk kreatif yang diikuti para pengrajin terpilih, komunitas, serta sponsor dengan stan sebanyak 40 buah. Untuk pentas seni nusantara berlangsung selama dua hari. “Juga menyuguhkan Tenggarong Kutai Carnival pada 10 Oktober, yang menampilkan 115 talen anak-anak dan dewasa. Temanya buah boloq, sumpit, dan pesut mahakam. Rangkaian FKR akan ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dari Ika Pakarti,” jelas Sri.

-

Arsip Blog

Recent Posts