Sergai Gelar Festival Karnaval Budaya

Sergai, Sumut - Indonesia merupakan negara yang sangat kaya keanekaragaman budaya, begitu juga halnya dengan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Hal ini dikarenakan masyarakatnya multiculure yang terdiri dari berbagai suku bangsa yang memiliki perbedaan dan keunikan baik dari segi bahasa daerah, adat istiadat, kebiasan maupun keanekaragaman budaya.

Keanekaragaman budaya merupakan potensi sosal yang dapat membentuk karakter dan citra budaya tersendiri pada masing-masing daerah, serta merupakan bagian penting bagi pembentukan citra dan identitas budaya suatu daerah. Di samping itu, keanekaragaman budaya merupakan kekayaan bangsa sebagai warisan untuk dilestarikan. Untuk itu perlu dicermati karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, dan seharusnya dilestarikan, diadaptasi atau bahkan dikembangkan lebih jauh.

Hal ini dikemukakan Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, MSi dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, MSi saat membuka kegiatan Festival Karnaval Budaya Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2015 bertempat di Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (22/10/2015).

Disampaikan Pj. Bupati Sergai juga, bahwa sejalan dengan motto Kabupaten Sergai “Tanah Bertuah Negeri Beradat”, Pemkab Sergai terus berupaya menggali, mempertahankan dan melestarikan seni budaya tradisional dengan berbagai kegiatan seperti Festival Karnaval Budaya yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Tujuan dilaksanakan Festival ini guna memotivasi generasi muda sebagai aset bangsa agar cinta kepada budaya tradisional masing-masing di daerahnya. Hal lain yang dapat diambil manfaat dari kegiatan ini adalah agar mampu mengembangkan destinasi wisata yaitu “wisata budaya” baik wisata lokal maupun wisata mancanegara.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Bina Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Drs. Mukhlis sangat menyambut baik terselenggaranya acara ini. Untuk bidang pariwisata diharapkan agar lebih meningkatkan pengelolaannya dengan dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam hal mempromosikan wisata kabupaten ini terutama wisata kuliner dan wisata budaya selain wisata pariwisata. Ditegaskan kembali pihak Pemprovsu akan terus mendukung 33 Pemerintah Kabupaten/Kota di Provsu untuk mempromosikan daerahnya masing-masing melalui event-event promosi sehingga berjalan dengan baik, ujar Kabid Bina Pemasaran Pariwisata Drs. Mukhlis.

Sebelumnya Ketua Panitia Herlinawati, S.Sos melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menggali dan membangkitkan budaya tradisional di Kabupaten Sergai serta melestarikan budaya lokal agar tidak punah. Peserta karnaval berasal dari 17 Kecamatan se-Sergai dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau 3 yang dihias dengan konsep budaya dan etnik suku sesuai daerah masing-masing.

Turut hadir Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Muspika Pantai Cermin dan peserta Festival Karnaval Budaya dari 17 Kecamatan se-Sergai.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign