Pawai Budaya Buka Festival Kemilau Kaltim 2013

Samarinda, Kaltim - Pawai budaya kabupaten/kota di Kaltim menandakan dimulainya Festival Kemilau Seni Budaya Etam (FKSBE) 2013, kemarin. Berbagai busana daerah berserta keunikannya, dari Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara hingga Berau, memukau pengunjung. Pawai dimulai dari Kantor TVRI di Jalan Ery Suparjan menuju panggung FKSBE.

Kegiatan yang dipusatkan di Kompleks Stadion Madya Sempaja, Samarinda, ini digelar selama tiga hari, berakhir Minggu (17/11). Ajang tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kaltim itu juga diramaikan sejumlah perlombaan. Ada kuliner, lomba busana daerah, lomba musik dan lagu, serta lomba olahraga tradisional semisal begasing, belogo dan menyumpit.

"Juara di Festival Kemilau nanti akan diikutsertakan di kompetisi tingkat nasional," sebut Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, HM Aswin. Selain menjadi ajang mempromosikan potensi wisata daerah, Festival Kemilau juga menjadi kesempatan bagi warga untuk mengenal lebih dekat kebudayaan Kaltim sendiri.

"Mulai dari seni tari kreasi seperti tari pesisir, kuliner, hingga kebudayaan masyarakat lokal Kaltim akan ditampilkan di event ini," ungkap Aswin.

Tidak hanya menampilkan event pariwisata. Festival Kemilau juga menyajikan sederet hiburan menarik di akhir pekan kali ini. Penampilan artis Ibu Kota, Vina Panduwinata dan band asal Samarinda yang tengah naik daun, Zerosix Park turut menyemarakkan akhir pekan warga Kaltim dan wisatawan lainnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts