PPI Spanyol Kenalkan Budaya Indonesia ke Dunia

Spanyol - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Spanyol menyelenggarakan cultural event bertajuk "Indonesia in Many Angles (INDima)" di Kampus Universitat Jaume I, Castellon de la Plana, Valencia, Spanyol.

Acara yang dilaksanakan pada Senin 4 November 2013 ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso Asmady bersama Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional Universitat Jaume I, Prof Inmaculada Fortanet Gomez.

Acara diisi dengan beragam kegiatan untuk mengenalkan Indonesia dari berbagai macam dimensi kepada pelajar dan masyarakat Spanyol secara umum. Di antaranya presentasi dengan format "Pecha Kucha" tentang Indonesia dalam berbagai dimensi, pementasan tari Saman oleh gabungan mahasiswa Indonesia di Spanyol dengan mahasiswa internasional, pemutaran video paduan suara lagu-lagu tradisional dari Choir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, photo booth dengan pakaian tradisional untuk para pengunjung, pergelaran alat musik angklung, bazaar makanan Indonesia, dan berbagai acara menarik lainnya.

Dalam sambutannya, Adiyatwidi Adiwoso Asmady berharap acara ini dapat mempererat hubungan kedua negara terutama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Selain itu ia juga mengajak masyarakat Spanyol untuk berkunjung kembali ke Indonesia.

"Hubungan kerjasama antara Indonesia dan Spanyol sangat erat dan cukup beragam, namun sedikit sekali masyarakat dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Untuk itu, saya mengajak masyarakat Spanyol untuk berkunjung ke Indonesia dan mengenal lebih dekat seluk beluk Indonesia," ungkapnya.

Selain menampilkan tari Saman dari Aceh yang mendapatkan sambutan standing applaus dari pengunjung, acara ini juga menghadirkan presentasi budaya oleh Ketua PPI Regional Eropa-Amerika, Muhammad Dhafi Iskandar. Dalam kesempatan ini, ia membawakan presentasi bertema sejarah keanekaragaman kuliner Indonesia.

Sebelum acara diakhiri dengan menyanyikan bersama lagu berjudul Indonesia Jaya oleh seluruh panitia, pengunjung di ajak berpartisipasi bersama memainkan alat musik tradisional angklung dengan memainkan lagu milik Stevie Wonder yang berjudul I Just Call to Say I Love You yang juga mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari pengunjung.

-

Arsip Blog

Recent Posts