Pawai Budaya Tahun Baru Hijriah, Meriah

Sidoarjo, Jatim - Diikuti sekurangnya 8.000 siswa yang berasal dari segenap sekolah dibawah Yayasan Pendidikan Ma'arif (YPM) se-Sidoarjo, Pawai Budaya, Selasa (5/11/2013) digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah 1435.

"Kemajuan zaman saat ini menjadikan anak-anak muda kita kehilangan jati diri sekaligus kebanggaan kepada budaya bangsa sendiri. Pawai Budaya kali ini mengajak anak-anak muda untuk mengingat dan melestarikan itu," terang H Achmad Syafrudin SH MH Sekreatris YPM.

Ditemui wartawan usai melepas pawai budaya, Achmad Syarifudin menambahkan bahwa kegiatan pawai memang rutin digelar setiap menyambut Tahun Baru Hijriah, dan diikuti seluruh siswa.

Untuk tahun ini, berbagai tema diangkat oleh peserta pawai budaya, sebagai satu bentuk kepedulian sekaligus upaya untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menghargai budaya sendiri.

Beberapa siswa mengenakan kaos merah dengan lambang Burung Garuda di dada kiri layaknya Timnas U-19 dibawah pimpinan kapten Evan Dimas Darmono sembari membawa replika piala kemenangan.

"Kami mengajak anak muda untuk memberikan dukungan dan semangat bagi tim U-19 yang telah meraih juara. Membanggakan dan menjadi pahlawan bagi sepakbola negeri ini. Kami ingin mengingatkan itu," terang fahrul satu di antara siswa dengan kostum pemain Timnas U-19.

Sedangkan beberapa siswa putri mengenakan kerudung putih, tetapi dengan tambahan make up tebal warna putih serta bulatan hitam pada kedua bagian mata, seakan menggambarkan sosok yang sudah mati.

Ditambahkan Achmad Syarifudin bahwa pawai budaya dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah 1435, Selasa (5/11/2013) diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat yang menyaksikan, terkait dengan penghargaan pada nilai-nilai budaya.

"Kami juga ingin mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing yang bisa jadi tidak sesuai dengan kepribadian bangsa ini," pungkas Achmad Syarifudin.

-

Arsip Blog

Recent Posts