8 Negara Peduli Warisan Budaya Kunjungi Candi Prambanan

Yogyakarta - Sebanyak 50 peserta dari delapan negara, yang peduli warisan budaya, mengunjungi Candi Prambanan di Sleman, DIY. Mereka melihat langsung dampak kerusakan warisan cagar budaya tersebut atas peristiwa gempa bumi pada Mei 2006.

Gempa bumi 2006 silam merusak struktur Candi Prambanan. Bahkan, kunjungan ke objek wisata tersebut sempat ditutup selama beberapa bulan paska gempa.

Seiring berjalannya waktu dan tahap pemulihan terus dilakukan, Candi Prambanan pun dibuka. Bahkan, saat ini pemulihan masih dilakukan untuk Candi Siwa di Kompleks Candi Prambanan.

Ke-50 perserta dari delapan negara itu tengah mengikuti pelatihan Siaga Risiko Bencana dan Manajemen di Yogyakarta. Mereka beradal dari Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Para ahli internasional dan staf The World Heritage Centre dan kantor UNESCO di wilayah Asia Tenggara juga turut serta pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. Acara ini dimulai tepat pada Peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober lalu, dan berakhir pada 1 November 2013.

Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Kemendikbud, Diah Haryanti, menyampaikan bahwa kunjungan ke Candi Prambanan untuk melihat langsung dampak gempa bumi pada 2006.

"Selain Candi Prambanan, peserta lokakarya juga melihat langsung ke Candi Borobudur," katanya di Yogyakarta, baru-baru ini.

Dia menyampaikan bahwa tujuan lokakarya adalah meningkatkan kesadaran para praktisi terhadap situs warisan budaya dan menata risiko bencana yang sesuai. Para peserta antusias mendengarkan pemaparan pemandu wisata. Mereka diterangkan sejarah Candi Prambanan hingga saat bencana gempa bumi melanda 2006 silam.

Kerusakaan bangunan candi diperbaiki hingga saat ini. Bahkan, jumlah pengunjung yang hendak masuk area Candi Siwa dibatasi dan mengenakan helm yang sudah disediakan pengelola objek wisata. Para peserta turut mengabadikan gambar dengan kamera. Mereka juga terlihat mengamati relief pada dinding Candi Prambanan.

-

Arsip Blog

Recent Posts