Tamu Menteri Akan Disuguhi Minum Jamu

Jakarta - Untuk memasyarakatkan jamu, pemerintah akan menyuguhi tamu-tamu menteri dengan jamu.

“Ini merupakan kampanye untuk memperkenalkan jamu, baik ke masyarakat dan dunia. Jangan sampai jamu diklaim negara lain,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin, saat menggelar acara ‘Mencintai Industri Jamu Nasional, di Kantor Kemenperin, Jumat (16/1).

Dalam acara yang dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Koperasi dan UMKM AAGN Puspayoga, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan ratusan pengusaha tersebut, Saleh mengungkapkan industri jamu merupakan salah satu sektor strategis yang mampu menggerakkan roda perekonomian nasional.

Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif agar dunia usaha tetap melakukan investasinya di Indonesia sekaligus meningkatkan daya saing yang tinggi sehingga industri jamu dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dalam acara tersebut, jamu-jamu yang dihidangkan berasal dari banyak daerah. Tidak hanya Jawa, tapi juga Sumatera hingga Papua. Kemasannya pun bervariasi, mulai dari yang masih tradisional sampai yang modern dalam kemasan kotak karton.

Menperin menegaskan, acara minum jamu bersama merupakan agenda setiap instansi pemerintah dalam rangka memperkenalkan, mendorong dan menumbuhkan kecintaan masyarakat termasuk generasi muda terhadap produk jamu sebagai warisan budaya nasional.

“Saat ini, jamu telah diproduksi dalam bentuk yang lebih bervariasi baik dari segi kemasan maupun rasa sehingga kesan pahit pada jamu sudah mulai tergantikan dengan beraneka rasa yang lebih disukai masyarakat pada umumnya,” jelas Saleh.

Kemenperin mencatat, industri jamu terus menunjukkan prestasi yang menggembirakan dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut terlihat dari omzet yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2014, penjualan mencapai Rp15 Trilyun dan pada tahun 2015 diperkirakan mencapai Rp20 Trilyun. Saat ini, terdapat 1.160 industri jamu yang terdiri dari 16 industri skala besar dan 1.144 industri skala kecil dan menengah yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia terutama di Pulau Jawa.

-

Arsip Blog

Recent Posts