Festival Khatulistiwa, Agar Kalbar Dikenal Orang

Pontianak, Kalbar - Dentuman 70 meriam karbit dan pengibaran bendera start yang melepas keberangkatan 100 kapal motor hias oleh Presiden Joko Widodo menandai dimulainya Festival Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), kemarin (22/8).

Para peserta yang menyusuri Sungai Kapuas dari Rumah Radakng menuju Tugu Khatulistiwa itu dikawal langsung oleh empat kapal milik Angkatan Laut: KRI Sembilang 850, KRI Kujang 642, KRI Silas Papare 386, dan KRI Teluk Cirebon 543.

Karnaval Khatulistiwa merupakan pergelaran budaya yang menyuguhkan atraksi di darat dan sungai. Pesertanya total mencapai sekitar 4 ribu orang dari 24 provinsi dari seluruh Indonesia. Sebanyak 1.482 orang di antaranya merupakan perwakilan tuan rumah Kalbar.

Jokowi berkesempatan mengikuti pawai dengan mobil hias, juga menaiki tank. Gubernur Kalimantan Barat Cornelis berharap pelaksanaan Karnaval Khatulistiwa bisa menjadikan provinsi yang dipimpinnya terkenal secara nasional maupun internasional. Selama ini negara-negara lain hanya mengenal Pulau Jawa dan Bali.

”Kalbar selama ini tak dikenal. Kalau sudah diambil orang, marah pula,” ujar Cornelis.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign