Festival Boalemo 2015 Bisa Kembangkan Budaya Lokal

Gorontalo - Menteri Koordinator ‎Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, ‎Puan Maharani‎, menghadiri acara puncak Festival Boalemo 2015 di Gorontalo, Kamis 10 September 2015. Festival itu merupakan rangkaian dari Sail Tomini 2015 yang diberi tema “Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan”.

Menurut Puan, penyelenggaraan festival itu bert‎ujuan menjadikan Boalemo sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah, terutama sektor pariwisata bahari.

"Boalemo berada di pesisir Teluk Tomini, sehingga tidak heran kalau daerah ini memiliki panorama pantai yang indah dan kekayaan sumber daya hayati laut yang tinggi," ujar Puan.

Menurut Puan, Festival Boalemo 2015 digelar juga demi percepatan pembangunan kelautan dan daerah pesisir kepulauan. Percepatan pembangunan tersebut dilaksanakan dengan cara menggalang keterpaduan program kegiatan yang dimiliki oleh berbagai kementerian dan lembaga pusat, provinsi, kabupaten/kota, TNI, ‎swasta, dan masyarakat.

Rangkaian kegiatan Festival Boalemo antara lain,‎ Program BUMN Peduli Tomini dan Festival Boalemo 2015, y‎acht rally, dan Lomba Olahraga Bahari, pameran potensi daerah, ‎konvensi dan seminar nasional serta internasional.

"Dengan berkembangnya pariwisata, akan membuka peluang bertumbuh kembangnya industri-industri lokal berbasis budaya yang pada saat ini mau tidak mau harus siap bersaing baik di pasar domestik maupun internasional," kata Puan.

Menurut Puan, k‎egiatan ini digelar untuk percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata yang ada di daerah. Selain itu, festival digelar guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya, khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Saya berharap‎, ‎pemerintah dan masyarakat Kabupaten Boalemo dapat menggerakkan gerakan sadar wisata, Gerakan ini adalah semangat membangkitkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata di Kabupaten Boalemo, dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Puan.

Untuk mengoptimalkan potensi sumber kelautan dan pariwisata tersebut, harus dipersiapkan sumber daya manusianya. SDM yang berkualitas, produktif, dan berdaya saing harus disiapkan melalui pembangunan manusia yang sadar budaya dan sadar wisata.

"Dengan kekayaan sumberdaya alam, serta keragaman adat istiadat dan budaya, saya yakin masyarakat Boalemo akan mampu membangun sektor pariwisata sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi pada masa depan," kata Puan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign