70 Sekolah Ikuti Gebyar Seni Budaya

Takengon, NAD - Sebanyak 70 sekolah Aceh Tengah mulai dari SD, SMP sampai SMA/sederajat mengikuti pagelaran gebyar seni budaya pelajar yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Aceh Tengah. Kegiatan dipusatkan di Komplek Umah Pitu Ruang, Kemili, Kota Takengon.

Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs H Khairul Asmara, Senin (5/10) ketika membuka acara mengatakan pihaknya mendukung penuh pelaksanaan gebyar seni budaya pelajar untuk menggali seni budaya Gayo. “Kegiatan ini juga merupakan bagian dari persiapan untuk even yang lebih besar dan kita tidak mau seni dan tradisi Gayo lenyap suatu saat,” kata Khairul Asmara.

Dia berharap, gebyar seni budaya perlu digalakkan dan dikembangkan untuk menjaga marwah Gayo, melalui penanaman jiwa seni kepada para pelajar, sehingga kebudayaan lokal tetap terjaga. “Jika dicermati, banyak juga pesan positif yang disampaikan melalui syair-syair Didong Gayo,” sebutnya.

Sedangkan Kadisbudparpora Aceh Tengah, Subhan Sahara menyatakan , gebyar seni budaya pelajar telah dilaksanakan secara rutin sejak 2009. Untuk tahun ini, sebutnya, sebanyak 70 sekolah ikut ambil bagian dalam gebyar seni budaya pelajar 2015. “Ada enam cabang yang kita perlombakan dalam gebyar seni budaya tahun ini,” kata Subhan Sahara.

Dirincikan, para peserta terdiri dari 36 SD dengan cabang lomba didong dan fashion show. Sedangkan 24 SMP mengikuti cabang lomba tari tradisi dan vocal solo putra dan putri. “Untuk tingkat SMA sederajat, diikut 20 sekolah dengan cabang lomba tari garapan dan musikalisasi seni,” sebutnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign