Kemeriahan Perayaan Cap Go Meh di Kalimantan Barat

Singkawang, Kalbar - Tahun ini, puncak perayaan Cap Go Meh di Kalimantan Barat berlangsung pada 6 Februari 2012 dan sebelumnya akan digelar festival selama 3 hari, pada 4-6 Februari 2012. Festival ini digelar di dua kota, yakni Pontianak dan Singkawang.

Festival ini tudak hanya berfokus pada budaya etnis China, ada pula etnis lain seperti Melayu, Dayak, Madura, Bugis, Batak, Jawa dan Sunda. Pada 4 Februari 2012 dalam festival di Pontianak akan dilangsungkan ritual pembuakan di Kuil Tie Bo. Selanjutnya pada 5 Februari siang, terdapat atraksi 7 naga dan atraksi pertunjukan budaya kesenian lainnya pada Pesta Budaya Nusantara.

Saat puncak perayaan yang berlangsung pada 6 Februari, naga-naga akan melakukan parade dari Kuil di Jalan Diponegoro menuju Jalan Gajah Mada dan Jalan Hijas. Di malam harinya naga akan tampil di Kapuas Pontianak Square.

Sedangkan di Singkawang, akan ada parade lentera di malam hari pada 5 Februari, pukul 19.30-23.00 WIT, dengan rute dari kantor Walikota kemudian melewati beberapa jalan utama kota dan berakhir di Happy Buliding.

Untuk puncak festival akan diadakan di hari sesudahnya dengan parade seni kuno Tatung, ritual Cap Go Meh untuk menolak roh-roh jahat.

Sebanyak lebih dari 750 peserta direncanakan turut serta dalam ritual. Selama ritual peserta akan masuk dalam atraksi kesurupan dan melakukan hal yang tidak biasa, seperti menginjak pedang. Uniknya, mereka tak akan terluka saat melakukan hal tersebut.

-

Arsip Blog

Recent Posts