Pameran Budaya dan Karya Seni Peranakan Tionghoa Digelar

Jakarta - Pameran Budaya dan Karya Seni Peranakan Tionghoa Indonesia dibuka Senin (6/2/2012) malam ini di Bentara Budaya Jakarta. Pameran ini diikuti dengan peluncuran buku "Chinese Indonesian Peranakan - a Cultural Journey".

Penggagas dan Pendiri Komunitas Lintas Budaya yang juga kurator Bentara Budaya Jakarta, Irwan Julianto dalam kata pengantarnya mengatakan, tujuan pameran dan penerbitan buku serta aneka kegiatan pendukung pameran seperti diskusi masalah warisan budaya peranakan tionghoa Indonesia, adalah untuk meningkatkan kohesi dan komunikasi sosial dan mengupayakan desentisasi isu rasial.

"Kegiatan ini sama sekali jauh dari upaya glorifikasi warisan budaya masa lampau maupun resinifikasi karena ujung-ujungnya dapat dicurigai sebagai upaya membangkitkan kejayaan bangsa tionghoa dan berorietansi kembali ke tiongkok. Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat umum dapat memberikan apresiasi bahwa warisan budaya tionghoa bukan hanya semata barongsai dan permainan liong," demikian Irwan Julianto.

Malam ini, pameran dibuka dengan pentas gambang kromong Sinar Gemilang pimpinan Ong Kian dari Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten. Para tamu mendapat sajian makanan khas lontong cap go meh.

Pameran dibuka untuk umum hingga tanggal 12 Februari di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan No 17, Jakarta 10270.

Hadir antara lain Brigjen TNI Purn Teddy Jusuf, Harry Tjan Silalahi, Myra Sidharta, Budipranata, Teguh Wibisono, dan sejumlah tokoh tionghoa Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts