Biak Gelar Pesta Budaya

Biak, Papua - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor,Papua melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) memprogramkan kegiatan pariwisata acara pesta adat Biak (Munara Wampase) berlangsung 10-18 Juli 2012.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Biak, Andris Kafiar dihubungi di Biak,Rabu, mengakui, pesta budaya Byak Munara Wampase akan dijadikan event tahunan pariwisata yang digelar setiap bulan Juli.

"Dalam kegiatan budaya Biak Munara Wampase akan mengelar lima hingga enam paket pesta adat, ya salah satunya
tour di kepulauan Padaido dengan memancing dan diving,"ungkap Kadisbudpar Andris Kafiar.

Ia menyebutkan, satu kegiatan pesta budaya adat Byak yang paling unik yakni menangkap ikan pada musim pasang (Mor) digelar di dua lokasi Tanjung Barari dan Kampung Maswarek distrik kepulauan Padaido.

Untuk mempromosikan kegiatan pesta adat budaya Biak,menurut Andris, pihaknya telah menjalin kemitraan dengan agen perjalanan wisata,penyedia jasa penerbangan Garuda dan Merpati serta melalui mitra kerja Pemkab Biak di luar negeri.

Menyinggung target kunjungan wisatawan pada pesta budaya Biak,lanjut Andris, karena acara ini kali pertana digelar sehingga dapat mengikutsertakan sekitar 1.000 orang warga lokal maupun wisatawan mancanegara.

"Melalui acara Munara Wampase Biak lebih dikenal serta menjadi daerah tujuan wisata di tanah Papua,"harap Kadisbudpar Andris Kafiar menanggapi target wisatawan ke Biak.

Ditanya dukungan anggaran kegiatan,menurut Andris, untuk masalah dana penunjang acara dialokasikan Pemkab Biak melalui SKPD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pada tahun 2012.

"Usulan program kegiatan acara pesta adat Biak Munara Wampase telah mendapat dukungan pemerintah dan DPRD,"ujar Kadisbudpar Andris Kafiar. 

-

Arsip Blog

Recent Posts