Lebaran di Jember, Ada Pawai Pedati

Jember, Jatim - Hari Raya Idul Fitri selalu berkesan di setiap daerah. Libur Lebaran di Jember dirayakan dengan tradisi Pawai Pegon. Traveler dapat melihat iring-iringan pawai pedati dengan hiasan hasil panen dan ketupat.

Setiap Hari Lebaran ketujuh, masyarakat di Jember ramai-rami merayakan Pawai Pedati atau Pawai Pegon. Informasi yang dihimpun detikTravel, Kamis (9/7/2015) tradisi tahunan yang dikenal dengan nama Pawai Pedati tersebut menjadi acara yang ditunggu-tunggu warga setiap tahun.

Puluhan pedati yang setiap hari dipakai warga Jember untuk mengangkut pasir serta hasil panen, dikeluarkan untuk membawa keluarga keliling desa hingga pesisir Pantai Watu Ulo. Pedati yang ditarik dengan dua sapi atau kuda itu juga tampak cantik dengan hiasan janur kuning hingga hasil bumi.

Bagi masyarakat, Pawai Pedati berfungsi sebagai tradisi yang dapat mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi. Tidak hanya itu, acara pawai itu juga menjadi waktu rekreasi bagi anggota keluarga petani di Jember.

Adapun kekhasan dari Pawai Pedati tampak dari makanan ketupat yang selalu dibawa oleh setiap keluarga yang berpartisipasi. Setibanya di Pantai Watu Ulo, setiap anggota keluarga akan menyantap ketupat yang telah dibawa. Sungguh hangat suasananya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan bermain air di pantai sampai puas. Selain peserta pawai, acara Pawai Pedati juga menarik traveler untuk datang ke Jember. Jika ingin merasakan kehangatan acaranya, datang saja langsung ke Jember pada hari ketujuh Lebaran.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign