Warna-warni Indonesia di Gedung Seni Bergengsi Inggris Raya

Jakarta - Tiga grup kesenian khas Indonesia akan terbang ke belahan bumi Eropa. Musik rock-etnik Aceh, teater boneka kontemporer Yogyakarta, dan sanggar tari klasik Jawa menjadi ujung tombak promosi seni budaya Indonesia di Inggris Raya.

Ketiga kelompok seni itu terbalut dalam kegiatan UK National Tour 2015 Discover Indonesia. Kegiatan yang disuguhkan untuk masyarakat Inggris ini rencananya diselenggarakan pada Agustus hingga September mendatang.

Kelompok seni, yang menyatukan diri di bawah tema Wonderful Indonesia, akan menyapa tiga kota di Inggris Raya, yakni London, Glasgow, dan Cardiff. Indonesia diberi kesempatan pentas di gedung-gedung kesenian bergengsi.

Tiga grup seni yang diutamakan adalah Kande, Papermoon Puppet Theatre, dan tarian Soerya Soemirat. Kande merupakan kelompok musik rock-etnik Aceh. Kelompok itu terdiri atas banyak orang, dengan lantunan musik rock namun diimbuhi sentuhan tradisional yang sangat kental. Liriknya pun menggunakan bahasa Aceh.

Papermoon Puppet Theatre adalah teater boneka kontemporer. Mereka biasa mementaskan cerita dengan media panggung yang menggunakan boneka-boneka kertas sebagai alatnya. Sekali pentas biasanya satu cerita. Temanya beragam, mulai yang tradisional sampai kontemporer.

Kelompok seni ke-tiga, Soerya Soemirat dikenal sebagai sanggar tari klasik Jawa bentukan Keraton Mangkunegaran, Surakarta. Sanggar itu didirikan mendiang Gusti Pangeran Haryo Herwasto Kusumo pada 1982 dan sudah pentas ke berbagai negara seperti Perancis, Jepang, Belanda, Malaysia, Moskow, dan lain-lain.

Seperti diberitakan Indonesia Travel, situs resmi Kementerian Pariwisata, perjalanan ketiga grup itu ke Inggris berkaitan dengan undangan beberapa pengelola festival dan gedung kesenian Inggris. Mereka pernah menyaksikan seni Indonesia saat menghadiri Indonesia Performing Arts Market pada 2013.

Pengelola yang di antaranya adalah Southbank Centre dan Wales Millennium Centre itu rupanya sangat tertarik akan keunikan dan warna-warni seni Indonesia. Mereka lantas mengundang kita.

Didukung Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Aceh, Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Inggris Raya, British Council, serta Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Wonderful Indonesia pun berangkat.

Selain mementaskan seni dari tiga kelompok itu, Indonesia juga akan memamerkan musik, workshop, serta perbincangan seni bersama komunitas lokal serta khalayak umum Inggris. Grup-grup kesenian lokal pun akan menampilkan kesenian tradisional Indonesia.

Itu merupakan bentuk penghargaan sekaligus pembelajaran langsung terhadap seni Indonesia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign