Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Gunung Tabur Dikukuhkan

Tanjung Redeb, Kaltim - Bertempat di halaman Museum Batiwakkal digelar prosesi pengukuhan Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Gunung Tabur oleh Penjabat (Pj) Bupati Berau, Syarifuddin, Rabu (10/2) kemarin.

Disaksikan ratusan masyarakat Gunung Tabur, prosesi pengukuhan dihadiri pemangku adat dari Kesultanan Sambaliung maupun dari Kesultanan Bulungan dan unsur forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) serta pejabat di jajaran Pemkab Berau. Selain itu turut hadir Mantan Bupati Berau, Makmur HAPK yang juga menyaksikan pengukuhan Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Gunung Tabur yang dipimpin Aji Bambang Kesuma untuk periode lima tahun kedepan.

Pj Bupati Berau, Syarifuddin, dalam sambutannya mengharapkan kepada para pejabat yang dilantik untuk menjadikan momentum tersebut sebagai suntikan semangat dalam melanjutkan pengabdian di Bumi Batiwakkal. Melalui pengukuhan ini diharapkan juga sebagai penguatan dalam menjaga kelestarian adat dan budaya.

“Berarti kita telah melaksanakan pelestarian budaya dan tradisi di Berau ini. Ini merupakan salah satu bentuk dalam mendukung pembangunan di daerah,” ungkapnya.

Dikatakan Syarifuddin, mempertahankan dan membangun budaya merupakan hal wajib yang harud dilaksanakan hingga turun temurun. Dengan kemajuan dan perkembangan jaman yang cukup pesat saat ini, harus disikapi dengan serius. Salah satu upaya yang dapat menyaring perubahan sekarang melalui kebudayaan yang tetap dipertahankan.

“Momentum ini harus kita jadikan motivasi dalam membangun budaya agar kelestariannya tidak hilang dimakan zaman,” ucapnya

Dalam kegiatan itu, Syarifuddin juga menyempatkan diri untuk berpamitan kepada seluruh masyarakat. Dimana dalam waktu dekat ini, masa jabatan yang telah dijalankan selama kurang lebih lima bulan akan berakhir. Setelah mengakhiri jabatan di Berau, dirinya akan melanjutkan pengabdian sebagai Sekretaris KOPRI Kaltim.

“Berbagai pengalaman saya dapatkan selama menjalankan amanah di sini. Masih ada beberapa hal yang belum dapat diselesaikan. Saya berharap, kedepannya Berau akan menjadi lebih maju lagi bersama dengan pejabat yang baru,” tandasnya.

Prosesi pengukuhan lembaga pemangku adat Kesultanan Gunung Tabur kemarin, diawali dengan penyambutan Pj Bupati Berau Syarifuddin beserta rombongan dari Dermaga ketinting Rajanta di sisi Kecamatan Tanjung Redeb. Dengan menggunakan perahu panjang dan diiringi dengan beterbang atau rebana, rombongan dihantarkan menuju dermaga didepan Komplek Museum Batiwakkal di Gunung Tabur. Para tamu yang hadir juga disambut dengan tarian selamat datang dengan tarian jepen yang dibawakan putri putri dari Gunung Tabur.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign