Disbudparpora Akan Gelar Festival Lampu Colok 2016

Dumai, Riau - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) akan mengadakan Festival Lampu Colok Tahun 1437 H/2016 M. Festival ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka menyemarakkan malam ke 27 Ramadhan.

“Insya Allah tahun ini kita akan kembali menggelar festival lampu colok. Saat ini kita tengah melakukan berbagai pesrsiapan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan 1437 H,” ujar Plt Kadisbudparpora Kota Dumai Dermawan melalui Kabid Kebudayaan Syafri diruang kerjanya, Senin (30/5).

Syafri menjelaskan, festival ini dilaksanakan untuk melestarikan budaya Melayu dan membina pemuda agar menjadi generasi muda yang kreatif serta menguatkan silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

Jika tak ada kendala, lanjutnya, pembukaan pendaftaran peserta akan dilakukan pada pertengahan bulan Juni 2016.

“Festival lampu colok ini terbuka untuk umum. Bisa atas nama organisasi, pemuda, masjid/mushalla, RT dan kelurahan. Yang jelas, selagi mendaftar akan kita lakukan penilaian,” tuturnya.

Untuk tahun 2015 lalu, jumlah peserta yang mengikuti festival lampu colok ini sekitar 80 peserta yang berasal dari seluruh Kecamatan yang ada di Kota Dumai.

“Hampir semua Kecamatan itu ada pesertanya. Jadi, kita melakukan penilaiannya keliling dan turun langsung ke tempat peserta. Mudah – mudahan antusias masyarakat untuk kembali mengikuti festival lampu colok ini meningkat,” harapnya.

Syafri menambahkan, terkait penilaian, dewan juri berasal Tim Independen yang terdiri dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai melalui Bidang Kebudayaan, Organisasi Kampung Colok Kota Dumai, Tokoh Budaya Dumai dan Dewan Kesnian Daerah.

Terkait kendala peserta dalam mengikuti festival lampu colok ini, kata Syafri yakni sulit mendapatkan bahan bakar minyak, untuk itu, Disbudparpora juga mengimbau seluruh perusahaan di Dumai untuk ikut serta membantu peserta Lomba Lampu Colok ini, terutama membantu menyiapkan ketersedian bahan bakar.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign