Kembangkan Budaya Melayu, Riau Bentuk Dinas Kebudayaan

Pekanbaru, Riau - Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan akan segera menginisiasi dibentuknya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dalam waktu dekat ini.

Arsyadjuliandi Rachman atau yang akrab disapa Andi Rachman ini memandang perlunya pembentukan Dinas Kebudayaan Riau ini untuk memelihara budaya melayu.

"Pembentukan Dinas Kebudayaan ini sebenarnya sesuai dengan tagline yang kita lahirkan pada ulang tahun Riau tahun lalu yakni Riau The Homeland of Melayu," ungkap Andi Rachman ketika membuka forum publik Riau 2025, Senin (23/5/2016).

Tagline Riau The Homeland of Melayu merupakan rencana jangka panjang yang disiapkan oleh Pemprov Riau untuk menjadikan Riau sebagai tanah tumpah darah melayu di Asia Tenggara.

Dinas Kebudayaan nantinya direncanakan akan menjadi wadah untuk memelihara dan mengembangkan kebudayaan melayu sebagai kebudayaan yang dijadikan objek edukasi dan sejarah bagi ilmu pengetahuan.

"Tugas kitalah untuk memperkenalkan bahwa melayu adalah kita, Riau. Makanya jangan sampai ini diserobot oleh orang lain. Peluang dan kesempatan kitalah untuk memperkenalkan melayu dari Riau," paparnya.

Menurut politisi Partai Golkar ini, keberadaan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tak cukup untuk memperkenalkan kebudayaan melayu dengan efektif dan efisien.

"Kedua SKPD ini selama ini tak cukup memperkenalkan corak kebudayaan melayu secara kuat dan kental maka itu kita butuh SKPD baru," kata Andi.

Pemprov Riau meminta kepada Dinas Pendidikan dan Riau Akan Bentuk Dinas Kebudayaan Riau Untuk Kembangkan Budaya Melayu Riau serta DPRD Riau untuk segera membentuknya. Karena wacana ini telah direncanakan sejak lama.

"Saya tak main-main dengan ini. Ini sudah matang kita pikirkan. Kita harus sukseskan rencana ini. Kita dorong Dinas Dikbud dan DPRD Riau untuk menggesa pembentukan Dinas Kebudayaan tersebut," tandas Andi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign