Pesta Kesenian Tabanan Ke-38 Usung Tema Cinta Tanah Kelahiran

Jakarta - Bali masih menjadi salah satu destinasi pariwisata terpopuler di dunia. Tidak hanya turis lokal, Bali juga selalu dipadati oleh turis mancanegara. Salah satu yang menyebabkan Bali selalu menjadi tempat tujuan wisata adalah adanya kekentalan adat istiadat budayanya.

Salah satu Kabupaten di Provinsi Bali, yaitu Tabanan, juga memiliki cara khusus demi melestarikan budayanya. Salah satunya dengan menggelar Pesta Kesenian Budaya Kabupaten Tabanan yang ke-38, dengan mengusung tema "Karang Awak" yang artinya Cinta Tanah Kelahiran.

"Karang awak yang berarti mencitai tanah air kita, perlu dimaknai lebih dalam tidak hanya simbolis kita harus mencintai di mana kita lahir, kita tumbuh, dan kita menjadi seseorang, hingga kita melanjutkan hidup, kita harus memiliki semangat untuk membangun nafas budaya," kata Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam keterangannya, Minggu (5/6).

Dikatakan, melalui kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan Kabupaten Tabanan ini, juga diharapkan dapat menjadi landasan agar masyarakat Tabanan untuk selalu mencintai budayanya.

"Kami harus bangga pada kekayaan budaya kita yang tidak ada habisnya. Kita harus terus menggalinya dan agar tidak terkubur oleh zaman," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tabanan, I Wayan Adnyana yang juga ketua panitia acara, menjelaskan, acara Pesta Seni Budaya ke 38 merupakan ajang pemanasan sebelum Tabanan tampil di tingkat Provinsi yang akan digelar pada tanggal 11 Juni mendatang.

"Tentunya pada kesempatan ini pula sebagai cara kami melestarikan dan menggali potensi budaya Kabupaten Tabanan agar dapat terus dinikmati oleh anak dan cucu kita dimasa yang akan datang," kata Wayan.

Acara pesta kesenian dan budaya tersebut juga membuka kesempatan bagi sanggar-sanggar yang ada di Kabupaten Tabanan untuk dapat menunjukan aksinya, sedikitnya ada lebih dari 200 sanggar yang memiliki potensi luar biasa di Tabanan.

Dukungan dan apresiasi turut diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Ketut Suryadi. Dirinya mengaku sangat mendukung setiap acara yang bertujuan untuk melestarikan budaya Bali, khususnya Tabanan.

"Saya selaku Ketua DPRD akan mendukung sepenuhnya dan akan melakukan evaluasi demi acara ini berjalan semakin baik tiap tahunnya," kata Suryadi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign