Potang Mogang Pelalawan Akan Dihadiri Menteri Pariwisata

Pelalawan, Riau - Dalam menyambut bulan suci Ramadan 1437 H atau 2016 M yang tinggal beberapa hari lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan pada hari Kamis (2/6) mendatang akan menggelar prosesi adat mandi balimau kasai potang maogang.

Sedangkan puncak tradisi adat yang akan dipusatkan di anjungan Tepian Ranah Tanjung Bunga Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam ini, akan dibuka langsung oleh Gubenur Riau (Gubri) Ir Asryadjuliandi Rachman.

"Ya, dua hari lagi kita akan menggelar profesi adat mandi balimau kasai potang maogang di Kecamatan Langgam untuk membersihkan diri menyambut bulan suci Ramadan. Dan insya allah, prosesi tradisi ritual pembersihan diri dengan mandi balimau ini, akan dibuka langsung oleh bapak Gubri Ir Asryadjuliandi Rachman yang akan didampingi pak Bupati Pelalawan HM Harris selaku Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat Pelalawan," ujar Bupati Pelalawan HM Harris melalui Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pelalawan H Zulkifli SAg, Selasa (31/5) di Pangkalankerinci.

Diungkapkan mantan Kabag Kesra Setdakab Pelalawan ini, bahwa selain dihadiri Gubri, kegiatan potang maogang juga langsung dihadiri oleh tim kementerian Pariwisata RI melalui staff asisten Deputi Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI. Kehadiran mereka (tim,red) untuk merekam data prosesi adat potang maogang ini dari awal hingga akhir acara selesai.

"Setelah dilakukan perekaman prosesi mandi balimau kasai potang mogang, data ini nantinya akan dimasukan kedalam data agenda Kementerian Pariwisata yang akan dijadikan sebagai tradisi adat di indonesia. Selanjutnya, data tersebut akan dipromosikan ke setiap Propinsi yang ada di Indonesia dan negara luar untuk menarik minta turis domestik dan turis mancanegara. Intinya, saat ini tim dari kementrian tengah turun keseluruh Propinsi di Indonesia untuk melakukan prekaman data budaya adat yang ada di Indonesia," sebutnya.

Disinggung terkait kabupaten mana saja yang akan dikunjungi tim Kementerian Pariwisata RI di Riau ini, Zulkifli menyebutkan, bahwa untuk di Propinsi Riau, tim Kementerian Pariwisata RI akan melakukan pendataan ritual adat masyarakat Riau yakni potang maogang di kabupaten Pelalawan dan tradisi adat bakar tongkang di kabupaten Rohil.

"Untuk itu, kita berharap dengan dilakukan perekaman acara prosesi mandai balimau kasai potang mogang ioni oleh tim Kementerian Pariwisata, maka tradisi adat kabupaten Pelalawan ini akan semakin dikenal baik Nasional maupun Internasional, sehingga dapat menarik minat para turis untuk berkunjung melihat keunikan keragaman adat budaya yang ada di Kabupaten Pelalawan," pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts