Yuk ke Karo! Ada Pergelaran Seni dan Budaya di Desa Dokan

Karo, Sumut - Pergelaran seni dan budaya Karo digelar di desa budaya Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sejak 13-15 Mei 2016.

Bervin Tarigan selaku Manager Program kegiatan bertajuk Dokan Arts Festival 2 ini mengatakan, Dokan Arts Festival 2 merupakan lanjutan dari Dokan Arts Festival 1 yang pernah diselenggarakan sebelumnya pada Mei 2015 lalu.

"Festival ini juga menampilkan acara seni dan budaya Karo yang dikolaborasikan antara musik tradisional dengan musik modern," ujarnya, Rabu (11/5/2016).

Menurut Bervin, Dokan Arts Festival ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap Desa Dokan dalam sisi pengembangan desa budaya yang mendorong menjadi salah satu acara seni pertunjukan berbasis kultural.

"Harapan kita Dokan Arts Festival 2 menjadi salah satu ruang pertunjukan bagi generasi muda Karo untuk lebih aktif dalam mempertahankan dan pengembangan seni budaya Karo," ungkap Bervin yang didampingi Sekretaris Progam, Ori Sembiring.

Ragam kegiatan ditampilkan pada Dokan Arts Festival 2 antara lain, pada 12 Mei 2016 diadakan bersih-bersih di Desa Dokan oleh seluruh tim produksi festival bersama Karang Taruna Dokan dan masyarakat Dokan.

Keesokan harinya, 13 Mei 2016 dilaksanakan seminar terbuka terkait kebudayaan Karo di Dokan dengan pembicara Ketua Badan Pengelola Geopar Kaldera Toba, Alimin Ginting, dari Pemkab Karo, dan budayawan Karo.

Lalu puncak kegiatan seni dan budaya ini pada 14-15 Mei 2016 diadakan perlombaan dan pertunjukan sejak sore hingga malam hari, dengan menampilkan karya terbaik Victor Hugo Hidalgo (Mesiko), Averiana Barus, Maharani boru Tarigan, Antha Prima Ginting, Sapo Sora.

Ada juga penampilan Teater Rengget, Simalem Arts, Sanggar Mbuah Page Dokan, pemutaran film Rakut Sitelu, Suryati Perangin-angin, Ezra Deardo Poerba, Bhatoe Tharigan Entertaiment serta penampilan khusus dari masyarakat Dokan.

-

Arsip Blog

Recent Posts