Borobudur Dekati Bali untuk Promosi

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dipromosikan melalui Bali. Ketua Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik (PATA) Bali dan Nusa Tenggara, Ratna N Soebrata di Denpasar, Minggu (21/2) mengemukakan, tim dari Jawa Tengah itu datang ke Bali dipimpin oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Agus Canny.

"Tim dari Borobudur yang datang ke Bali, Jumat (19/2) itu diterima oleh sekitar 200 anggota Asosiasi Tur dan Travel Indonesia (Asita) Bali serta para pemangku kepentingan pariwisata lainnya," katanya.

Mengutip pernyataan Agus Canny, Ratna mengemukakan bahwa kedatangan mereka bertujuan untuk lebih mendekatkan produk produk dari lokasi wisata ketiga candi yang berlokasi di Jawa Tengah dan menjadi warisan budaya dunia itu ke insan pariwisata Bali.

"Mereka melihat bahwa banyak pelaku pariwisata ini berada di Bali. Mereka berharap, insan pariwisata di Bali juga memperkenalkan objek wisata ketiga candi itu kepada para wisatawan yang datang ke Bali," kata Ratna.

Pada kesempatan dialog yang dipimpin Wakil Ketua DPD Asita Bali, Tommy Sutrisno itu, tim dari Borobudur menjelaskan bahwa mereka memiliki paket pertunjukan yang akan disajikan kepada para wisatawan asing maupun lokal.

Sajian sendratari
Sajian itu adalah tari kolosal berjudul Mahakarya Borobudur yang dimainkan lebih dari 250 penari. Tarian ini menggambarkan keagungan masa lalu ketika masa jayanya candi itu dibangun dan beberapa abad sesudahnya.

"Tarian itu akan dipertunjukkan pada 22 Mei, 26 Juni, 4 Juli dan 11 September 2010 mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB dan bertempat di panggung terbuka Aksobya Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang itu," jelas Tommy.

Untuk Candi Prambanan akan menampilkan tari Ramayana Balet dengan tema cerita mengenai percintaan Rama dengan Shinta. Tari spektakuler tersebut juga akan dimainkan secara kolosal oleh sekitar 200 penari didukung permainan gamelan yang indah berlatar belakang Candi Prambanan.

Sementara di Candi Ratu Boko juga akan dipentaskan tari Sumunaring Abhayagiri yang juga dibawakan secara kolosal. Tarian ini menggambarkan sejarah tentang Ratu Boko yang saat itu berkuasa di bukit Ratu Boko yang terkenal dengan bangunan candi berarsitek campuran antara Hindu dengan Budha.

Pementasan sendratari ini akan diadakan pada 29 Mei dan 19 Juni mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB di Istana Ratu Boko Yogyakarta, sekitar tiga kilometer sebelah selatan Candi Prambanan. (Ant/OL-08)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign