Festival Teluk Jailolo Digelar Akhir Mei

Ternati - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara (Malut), terus berupaya mempromosikan potensi wisata bahari di darah itu di antaranya melalui penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo pada akhir Mei 2010.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Halbar Kalbi Rasid, Sabtu (13/2) mengatakan Halmahera Barat memiliki potensi wisata bahari yang sangat menarik, baik berupa pantai pasir putih maupun panorama bawah laut. Khusus untuk panorama bawah laut, ada puluhan titik lokasi penyelaman yang memiliki panorama bawah laut yang sagat indah, baik dari segi terumbu karang maupun keragaman ikannya.

"Semua potensi wisata bahari tersebut akan kami promosikan pada Festival Teluk Jailolo akhir Mei nanti. Pada festival itu kami akan menggelar berbagai kegiatan yang terkait dengan keberadaan wisata bahari itu," kata Kalbi Rasid.

Salah satu kegiatan yang terkait dengan wisata bahari pada festival tersebut adalah menyelam. Pemkab Halmahera Barat telah menyiapkan sedikitnya tujuh lokasi untuk tempat penyelaman pada festival itu. Menurut dia, Pemkab akan menhadirkan seratus penyelam dari berbagai daerah di Indinesia, seperti dari Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jakarta dan Bali di samping dari sejumlah kota di Malut.

Para Penyelam profesional tersebut nantinya akan mendampingi para wisatawan yang hadir pada Festival Teluk Jailolo dalam menjelajahi sejumlah lokasi penyelaman di Halbar, selain itu mereka juga akan memberikan pelatihan pada masyarakat setempat yang ingin belajar menyelam. Kalbi menambahkan, selain wisata bahari, Halbar juga memiliki potensi wisata lainnya seperti wisata peninggalan sejarah dan kawasan konserfasi berbagai flora dan fauna khas Malut, seperti burung bidadari. (Ant/OL-06)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts