Tanjung Perak Siap Layani Kapal Pesiar

Surabaya - Memasuki tahun 2010, Pelindo III selaku pengelola Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menyatakan kesiapan menyambut kedatangan wisata kapal pesiar atau cruise. Selama tahun 2010 akan datang 170 kapal pesiar ke beberapa pelabuhan besar di Indonesia, termasuk Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepala Humas Pelindo III Iwan Sabatini mengatakan, tahun 2009 lalu, kunjungan kapal pesiar ke Indonesia mencapai 134 kapal. Dengan demikian, pada tahun 2010 ini akan ada peningkatan kunjungan kapal pesiar mencapai 25,37 persen dibandingkan tahun lalu.

"Menghadapi pasar bebas Asia, kedatangan wisatawan mancanegara harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Jatim memiliki banyak potensi wisata yang layak dikunjungi wisatawan kapal pesiar, seperti tradisi Karapan Sapi, pemandangan Gunung Bromo, bangunan bersejarah, hingga kain batik," ucapnya, Minggu (3/1/2010) di Surabaya.

Untuk mempersiapkan kedatangan wisata kapal pesiar, Pelindo III kini mempersiapkan berbagai fasilitas pelabuhan. Dua dermaga telah disiapkan, yaitu Dermaga Jamrud Utara dan Terminal Gapura Surya.

Kapal Pesiar Albatros
Rencananya, pada tanggal 24 Maret 2010 mendatang, kapal pesiar Albatros dari Eropa akan singgah di Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal ini rencananya akan mengangkut 884 wisatawan mancanegara.

Direktur Eksekutif Surabaya Tourism Promotion Board Yusak Anshori mengatakan, rencana kedatangan kapal pesiar ini merupakan hal yang membanggakan karena dalam tujuh tahun terakhir Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya tak pernah disinggahi kapal pesiar.

"Kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Tanjung Perak adalah tahun 2002 lalu. Jika rencana kunjungan Kapal Pesiar Albatros pada Maret 2010 terwujud, ini menjadi indikasi Surabaya diperhitungkan masuk dalam peta tujuan wisata kapal pesiar internasional," ucapnya.

Direktur Operasi dan Teknik Pelindo III Faris Assagaf mengatakan, Pelabuhan Tanjung Perak telah menyiapkan kunjungan kapal pesiar dengan menyiapkan dermaga kapal sepanjang 200 meter hingga 500 meter dengan kedalaman sembilan meter.

"Sarana ruang tunggu penumpang telah dilengkapi dengan tempat pemeriksaan menggunakan xray serta tempat parkir yang luas dengan dilengkapi petunjuk tempat-tempat wisata," ucapnya.

Sumber: http://travel.kompas.com
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign